Ini Dia Deretan Hobi Baru Paling Digemari Selama Pandemi Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 612 2450061 ini-dia-deretan-hobi-baru-paling-digemari-selama-pandemi-covid-19-MM90lUkgqS.jpg Ilustrasi hobi baru selama pandemi covid-19. (Foto: Freepik)

LINIMASA media sosial makin diramaikan unggahan orang-orang yang menjalani hobi baru selama pandemi covid-19. Aktivitas hobi yang paling umum dilakukan di antaranya berkebun, gowes, masak di dapur, atau olahraga.

Tapi tahukah Anda, ada deretan hobi baru yang muncul di kala pandemi covid-19 ini. Menurut laporan laman Mirror, berikut ini deretan hobi baru yang paling digemari masyarakat dunia selama masa pandemi.

Baca juga: 5 Hobi Selama Pandemi yang Diprediksi Terus Berlanjut 

1. Mengatur makan

Laporan British Nutrition Foundation mengungkapkan bahwa dua pertiga warga dunia berjanji mengonsumsi makanan bergizi setahun belakangan ini. Ya, di masa pandemi bisa dikatakan seperti itu.

Data tersebut juga menerangkan lebih dari seperlima orang dewasa sekarang memasak setiap makanan dari awal, tidak membeli makanan jadi, dibandingkan dengan hanya satu per delapan hasil survei sebelumnya.

Kebiasaan ini berkaitan dengan manfaat kesehatan yang didapatkan dari mengonsumsi makanan yang diolah dari awal yaitu tubuh lebih bugar dan Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

2. Bersepeda

Satu dari lima orang dewasa memilih bersepeda sebagai hobi mereka selama pandemi. Hal ini berbanding lurus dengan penjualan sepeda yang diketahui melonjak hingga 22 persen, menurut penelitian Mintel.

Manfaat dari bersepeda ialah tidak hanya membakar 500 kalori per jam, tetapi juga menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Hobi bersepeda. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

3. Ikut kelas olahraga virtual

Satu dari lima orang mengatakan kalau mereka lebih bugar sekarang daripada sebelum pandemi. Ini ada kaitannya dengan hobi baru mereka yaitu mengikuti kelas olahraga virtual.

Manfaat dari latihan intens di rumah meningkatkan fungsi jantung menurut penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Health Promotion.

Menggabungkan rutinitas olahraga Anda dengan 'exercise' di kelas daring juga terbukti meningkatkan motivasi memiliki tubuh bugar sebanyak 40 persen.

Baca juga: Yuk Bikin Kimchi Kulit Semangka, Dijamin Lezat dan Menggugah Selera 

4. Jalan

Sadar atau tidak, saat ini hobi jalan menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk tetap bugar namun tidak terlalu memerlukan energi yang banyak dibandingkan olahraga intens. Survei yang dilakukan King's College London bahkan memperlihatkan hasil bahwa 40 persen orang-orang sekarang memutuskan untuk jalan, dibandingkan survei sebelumnya.

Jalan sendiri terbukti memberi manfaat yang cukup baik untuk kesehatan. Jalan berkaitan dengan penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari membuat tubuh lebih kuat dalam melawan penyakit. Kalau jalan dua jam dalam seminggu, diyakini dapat memperpanjang hidup Anda.

5. Makan buah dan sayur

Sepertiga dari warga dunia dilaporkan lebih banyak makan buah dan sayur selama pandemi. Sementara itu, satu dari lima orang diketahui mengurangi konsumsi daging.

Dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur, setidaknya 5 hari dalam seminggu, penelitian di Amerika Serikat mengatakan, Anda akan memiliki kehidupan 3 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah dan sayur.

Kebiasaan sehat ini juga menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, yang banyak dialami mereka yang gemar makan daging merah.

Hobi makan buah dan sayuran. (Foto: Medicalnewstoday)

6. Berkebun dan membuat prakarya

Ya, hobi baru dipilih sepertiga dari warga dunia selama pandemi. Hobi itu seperti berkebun atau membuat prakarya sendiri yang mana sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Dengan melakukan hobi baru yang belum pernah dicoba sebelumnya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Behavioral Medicine, Anda dapat lebih sedikit risiko alami stres.

Di jajak pendapat lain yang diterbitkan The Healthy Work Company, 41 persen orang mengatakan kesehatan mentalnya lebih baik setelah melakukan hobi baru selama pandemi. Penelitian juga menghubungkan manfaat baik antara hobi baru dengan penurunan risiko demensia.

7. Silaturahmi

Survei yang dilakukan LG Electronics menunjukkan bahwa 45 persen masyarakat dunia lebih banyak ngobrol dengan anggota keluarga atau teman-teman. Tentu, hobi ini terjadi karena kita semua diminta untuk di rumah saja dan komunikasi menjadi hal yang penting untuk menjaga keseimbangan hidup.

Tahu tidak, mengobrol walau secara virtual tetap memberi manfaat yang baik untuk kesehatan mental Anda. Ya, mereka yang secara rutin berkomunikasi dengan orang terkasih dapat menjaga kesadaran pikiran.

Ilustrasi silaturahmi virtual. (Foto: Phone Arena)

Baca juga: 4 Gaya Cantik Inul Daratista Pakai Masker, Selalu Taat Prokes 

8. Memelihara hewan

Lebih dari 3 juta rumah tangga di Inggris memilih untuk memelihara hewan peliharaan selama pandemi berlangsung, data menurut Asosiasi Produsen Makanan Hewan.

Ada manfaat baik yang diharapkan dapat muncul karena memelihara hewan, misalnya saja meredakan depresi yang bisa saja terjadi akibat ketidakpastian pandemi.

Bahkan, peneliti mengatakan mengelus hewan peliharaan itu dapat menurunkan tekanan darah Anda, sehingga menurunkan risiko masalah jantung dan stroke. Pada anak-anak, manfaat memelihara hewan peliharaan itu membuat mereka tidak rentan mengalami alergi.

9. Cuci tangan

Ya, cuci tangan menjadi hobi baru yang muncul selama pandemi. Warga Inggris saja misalnya, mereka cuci tangan 9 kali dalam sehari, dan ini lebih banyak 50 persen dari momen sebelum pandemi.

Rajin cuci tangan sudah terbukti menurunkan risiko seseorang terpapar penyakit akibat transmisi virus atau bakteri yang terjadi dari tangan ke mulut. Dewan Riset Medis Inggris pun mengatakan bahwa cuci tangan mengurangi risiko seseorang alami pilek atau flu biasa.

Hobi mencuci tangan. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini