Benarkah Ivermectin Ampuh Sembuhkan Covid-19? Begini Jawaban Dokter Fajri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 612 2450244 benarkah-ivermectin-ampuh-sembuhkan-covid-19-begini-jawaban-dokter-fajri-DBIB9ryL55.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

OBAT Ivermectin memang telah menjadi salah satu obat rekomendasi untuk pengobatan Covid-19. Memang, sebelum disahkan sebagai obat Covid-19 ivermectin memang sudah diburu banyak orang.

Beberapa oknum tidak bertanggung jawab bahkan menjual obat antiparasit ini dengan harga jauh di atas normal. Lantas seberapa efektif Ivermectin dalam mengobati dan mencegah Covid-19?

Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i menjelaskan dalam unggahan akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, terkait dengan penggunaan Ivermectin dalam pengobatan dan mencegah Covid-19. Menurutnya, Ivermectin adalah obat yang digunakan untuk mengobati parasit usus pada hewan dan skabies pada manusia.

“Obat ini murah dan banyak digunakan di berbagai wilayah di dunia di mana infeksi parasit biasa terjadi. Obat ini memiliki beberapa efek yang tidak diinginkan. Uji laboratorium menunjukkan, obat ini dapat memperlambat reproduksi virus Covid-19 tetapi efek seperti itu membutuhkan dosis besar pada manusia,” tulis dr. Fajri dalam unggahannya.

Fakta lainnya adalah regulator kesehatan di berbagai negara, belum menyetujui Ivermectin untuk Covid-19. Tim Penyakit Menular Cochrane mendapatkan 14 penelitian dengan total 1.678 subjek yang meneliti perbandingan penggunaan ivermectin dengan tanpa pengobatan, plasebo, atau perawatan biasa.

Mereka menemukan dari 31 penelitian yang sedang berjalan, ada 18 penelitian yang masih membutuhkan klarifikasi dari penulis atau belum dipublikasikan. Pada penelitian tersebut tim peneliti tidak menemukan bukti yang mendukung penggunaan Ivermectin untuk mengobati atau mencegah infeksi Covid-19, dan basis buktinya terbatas.⠀

Saat ini, evaluasi Ivermectin berlanjut pada 31 penelitian yang sedang berlangsung, penulis akan memperbarui ulasan ini dengan hasil mereka saat tersedia.

Penulis utama review ini, Maria Popp dan Stephanie Weibel menjelaskan kurangnya bukti kualitas yang baik tentang kemanjuran dan keamanan Ivermectin didapatkan dari kumpulan penelitian yang sebagian besar terdiri dari RCT kecil yang tidak ber-power dengan kualitas terbatas secara keseluruhan mengenai desain penelitian dan pelaporan.

Bukti saat ini tidak mendukung penggunaan Ivermectin untuk mengobati atau mencegah Covid-19 kecuali jika itu adalah bagian dari uji klinis yang dirancang dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini