Cek Fakta: Daun Sungkai Mampu Perkuat Imunitas dan Tangkal Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 612 2450293 cek-fakta-daun-sungkai-mampu-perkuat-imunitas-dan-tangkal-covid-19-4IbAzps0um.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OBAT herbal memang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di tengah Pandemi Covid-19 ini, obat herbal pun dianggap sebagai salah satu solusi obat.

Sebut saja jahe yang digunakan untuk meredakan gatal di tenggorokan karena Covid-19. Tapi, yang perlu dicatat adalah obat-obatan herbal ini belum ada yang terbukti klinis untuk mengobati Covid-19.

Nah, beredar sebuah narasi yang diunggah pada grup Facebook Anda Bertanya Sains Menjawab oleh akun Agus Musical’x yang menginformasikan bahwa daun sungkai dapat digunakan untuk menangkal Covid-19. Narasi tersebut juga menginformasikan tata cara untuk mengonsumsi rebusan daun sungkai.

Hoax

“Khasiat daun Sungkai:

Menangkal covid-19

Menambah kesuburan

Memperkuat daya tahan tubuh

Cara pakai:

Rebus 7 daun sungkai selama 10 menit, kemudian diminum 2x sehari untuk badan sehat dan daya tahan kuat

Hasil rebusan daun bisa dipakai sampai 5 kali isi ulang

Melansir Covid19.go.id, Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Persahabatan (RSUP) yakni dr. Erlinda Burhan mengatakan bahwa rebusan daun sungkai belum memiliki bukti ilmiah bahwa dapat menangkal dari Covid-19.

Meskipun demikian, terdapat suatu penelitian untuk menemukan khasiat dari daun sungkai. Melansir dari laman berita Antara yang mengutip melalui laman mhomecare.id, daun muda sungkai memiliki potensi manfaat untuk menurunkan suhu tubuh dan sakit kepala.

Dengan demikian informasi yang diunggah pada grup Facebook Anda Bertanya Sains Menjawab oleh akun Agus Musical’x tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini