Termasuk Indonesia, Ini 5 Seragam Kontingen Paling Stylish di Olimpiade Tokyo 2020

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 194 2450536 termasuk-indonesia-ini-5-seragam-kontingen-paling-stylish-di-olimpiade-tokyo-2020-9JgsqMDGSR.jpg Seragam kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

SEBAGAI kompetisi olahraga multievent terbesar di dunia, Olimpiade tidak hanya menjadi ajang unjuk kemampuan olahraga bagi banyak negara. Lebih dari itu, para kontingen negara peserta juga ingin membawa pesan untuk menunjukkan budaya maupun identitas tanah airnya, salah satunya melalui seragam yang dikenakan.

Adapun dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 terdapat beberapa negara yang dianggap memiliki seragam kontingen paling stylish dan sarat makna alias meaningful. Penasaran? Berikut MNC Portal sajikan daftarnya, seperti dirangkum dari laman Vogue.

Baca juga: 4 Potret Yuki Ishikawa, Kapten Timnas Voli Jepang Olimpiade Tokyo 2020 yang Viral 

1. Liberia

Para pencinta dan pemerhati fashion mana yang tak kenal dengan desainer keturunan Liberian-American asal Brooklyn, Telfar Clemens? Sosok yang populer dengan desain "It Bags" tersebut juga turut berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020.

Telfar Clemens membuat seragam upacara pembukaan dan penutupan untuk kontingen Liberia serta 70 athletic wear dan village wear untuk seluruh anggota tim. Desainnya cukup unik dan menarik perhatian seperti model one-shouldered tanks, dress oversize panjang, hingga duffel bags dengan perpaduan warna biru-putih dan logo bintang yang mencerminkan bendera Liberia.

Baca juga: 4 Gaya OOTD Apriyani Rahayu di Luar Lapangan, Netizen: Cool Banget! 

Kontingen Jepang di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

2. Jepang

Sebagai tuan rumah, Jepang tidak mau kalah dalam hal berseragam dan memberikan dukungan maksimal kepada para atletnya. Dirancang oleh brand lokal setempat yakni Aoki, seragam mereka terbuat dari bahan yang ramah lingkungan yaitu dari tanaman yang juga bisa melindungi para atlet dari panas.

Warna dari seragam tim tersebut tentunya mewakili warna bendera Jepang yaitu merah dan putih. Tidak hanya itu, seragam dengan nuansa vintage tersebut juga terinspirasi dari seragam kontingen pertama Jepang di ajang Olimpiade yang terjadi pada tahun 1964.

3. Brasil

Sebagai negara di Amerika Selatan yang terkenal dengan karakter budaya vibrant, seragam atlet skateboard dari Tim Brasil ini berhasil memikat para penonton.

Seragam tersebut merupakan hasil kolaborasi antara brand apparel Nike dengan seniman Belanda Piet Parra yang mendesain pakaian tersebut terinspirasi dari kaus tim sepakbola Brasil yang dihiasi motif Burung Toucan sebagai simbol kebahagiaan.

Daris segi warna, pakaian ramah lingkungan tersebut juga didominasi oleh hijau dan kuning, khas bendera Brasil.

Baca juga: Semasa Kecil Jualan Sayur, Mimpi Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Berawal dari Raket Gabah 

Kontingen Kanada di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: The Star)

4. Kanada

When sports meets fashion and lifestyle, kalimat tersebut tampaknya sangat tepat untuk menggambarkan seragam kontingen Kanada di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Sedikit berbeda dengan kebanyakan seragam olahraga pada umumnya, Kanada justru memilih jaket denim serta trucker hat sebagai pakaian yang dikenakan oleh kontingen mereka saat momen pembukaan dan juga penutupan Olimpiade nantinya.

Walaupun sempat menuai kritik karena dianggap nyeleneh, namun jaket denim tersebut memiliki makna yang sangat mendalam atau meaningful, yaitu sebagai penghormatan kepada Jepang selaku tuan rumah acara serta membawa pesan dan semangat kesetaraan gender.

5. Indonesia

Tidak mau kalah dengan negara lain, kontingen Indonesia juga hadir dengan seragam casual stylish yang penuh makna. Dilengkapi dengan lambang burung garuda, lambang lima cincin Olimpiade dan lingkaran berwarna merah dan putih khas bendera Indonesia, desainnya mengandung makna nilai-nilai kemanusiaan serta olahraga sendiri seperti respect, kedamaian, sportivitas, dan excellence.

Baca juga: Benarkah Teriakan Penonton Membakar Semangat Atlet? 

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini