130 Oxygen Concentrator Dibagikan ke IGD dan Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 481 2450631 130-oxygen-concentrators-dibagikan-ke-igd-dan-ruang-isolasi-pasien-covid-19-YCOojJp5It.jpg Serah terima alat oxygen concentrator untuk sejumlah IGD dan ruang isolasi pasien covid-19. (Foto: Novie Fauziah/Okezone)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, serta Representatif Trip.com Sandi Sanyoto melakukan serah terima donasi alat kesehatan berupa 130 oxygen concentrator.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bantuan dari salah satu pelaku parekraf ini sebagai upaya membantu pemulihan dan penanggulangan masyarakat yang terinfeksi covid-19. Di mana mereka membutuhkan oksigen yang belakangan ini cukup jarang ditemukan.

Baca juga: POGI: Vaksin Covid-19 Beri Perlindungan untuk Ibu Hamil dan Janin 

"Karena ini bentuk gotong royong, perlu digarisbawahi dalam melawan covid-19 ini kita bersatu padu dan hari ini atas kolaborasi dari dunia usaha pemerintah menerima bantuan. Kita harapkan bisa dapat disalurkan kepada masyarakat yang memerlukan," ujar Sandiaga di acara serah terima alat kesehatan oxygen concentrators di Bea Cukai Soekarno Hatta, Rabu (4/8/2021).

Serah terima alat oxygen concentrator untuk sejumlah IGD dan ruang isolasi pasien covid-19. (Foto: Novie Fauziah/Okezone)

Sementara Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan oxygen concentrators ini bisa menjadi alat bantu, khususnya untuk pasien yang sedang isolasi akibat terpapar covid-19.

"Alat ini akan menyelamatkan banyak orang. Sebelum Lebaran, kita menggunakan oksigen 400 ton per hari. Ketika naik kasusnya, naik jadi 2.000 ton per hari," ungkapnya.

Baca juga: BPOM Jelaskan Perbedaan Hand Gel dengan Hand Sanitizer, Jangan Sampai Salah Beli Ya 

Menkes Budi menjelaskan pada dasarnya oksigen sudah disediakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Namun bagaimana manusia mengolahnya, dan dapat membantu orang yang membutuhkannya.

"Nah, alat ini bisa untuk pasien yang ada di IGD atau ruang isolasi yang gejalanya masih ringan. Atau jika ada relawan, bisa diberikan ke rumah-rumah yang sedang diisi seseorang sedang isolasi," tuturnya.

Kemudian Sandiaga mengatakan sejak pandemi covid-19, pihaknya telah melakukan bantuan bagi seseorang dan daerah yang terdampak.

Mulanya membagikan ribuan masker, dan kini oxygen concentrators. "Tahun ini oxygen concentrators bagi yang membutuhkan," pungkasnya.

Baca juga: Ibu Menyusui Positif Covid-19, Amankah Minum Obat? 

Serah terima alat oxygen concentrator untuk sejumlah IGD dan ruang isolasi pasien covid-19. (Foto: Novie Fauziah/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini