Indonesia Bakal Kedatangan 1.000 Unit Oxygen Concentrator dalam 6 Hari

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 481 2450689 indonesia-bakal-kedatangan-1-000-unit-oxygen-concentrator-dalam-6-hari-tvFnFR8s0A.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

STOK oksigen di Indonesia terus bertambah. Selama Agustus ini, 3.000 unit oxygen concentrator telah diserahkan kepada Kementerian Kesehatan.

Pada Senin, 2 Agustus, sebanyak 1.000 unit pertama diterbangkan langsung dari Guangzhou, Tiongkok, dengan pesawat sewa khusus Garuda Indonesia. Selanjutnya, 1.000 unit lainnya dijadwalkan tiba di Jakarta pada 10 Agustus 2021

Baca Juga: 130 Oxygen Concentrator Dibagikan ke IGD dan Ruang Isolasi Pasien Covid-19

menkes

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersyukur saat mendapat bantuan oksigen ini. Ia mengatakan bahwa setiap unit oxygen concentrator, sangat berarti untuk meringankan beban sistem kesehatan.

"Adanya oxygen concentrator ini memberi kesempatan pada pasien untuk memiliki pasokan oksigen tetap di rumah. ujarnya lewat keterangan tertulis.

Oxygen concentrator juga bisa membebaskan alokasi oksigen, yang sangat dibutuhkan oleh pasien dengan perawatan intensif di rumah sakit. Sehingga akan bermanfaat bagi lebih banyak lagi pasien Covid-19.

"Nantinya juga bisa membebaskan sebagian tempat di rumah sakit agar dapat digunakan oleh mereka yang lebih membutuhkan," tambah Menkes Budi.

Ditambahkan Dr. J. Satrijo Tanudjojo dari Tanoto Foundation, ketika terjadi kenaikan kebutuhan oksigen cair medis dan oxygen concentrator,  pihaknya bersama Kementerian Kesehatan berupaya mencari barang secara langsung. Kemudian langsung didistribusikan ke rumah sakit di Indonesia.

"Diharapkan ini bisa membantu menyelamatkan nyawa para pasien yang sedang berjuang melawan Covid-19," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini