Tak Hanya di Meja, Virus Corona Juga Bisa Menempel di Dinding hingga 9 Hari

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 481 2450695 tak-hanya-di-meja-virus-corona-juga-bisa-menempel-di-dinding-hingga-9-hari-sDb49s0lRs.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

VIRUS corona dapat bertahan di permukaan besi, kaca, kayu, kain, plastik dan tembok dari beberapa jam hingga hari. Oleh karena itu, membasmi virus saat masih berada di permukaan tersebut dapat mencegah penularannya pada manusia.

Dokter Spesialis Paru RSU Adhyaksa dr Ahmad Muslim Nazaruddin, SpP FERS menjelaskan, banyak benda yang bisa menjadi transmisi penularan virus. Pintu, permukaan furniture, sakelar listrik, remote TV, handphone, atau tembok rumah bisa menjadi sumber penularan virus.

dinding

“Khusus dinding atau tembok, virus corona dapat bertahan hidup dalam kisaran 2 jam hingga 9 hari. Hal tersebut bergantung pada suhu, kelembapan, dan paparan sinar matahari hingga sirkulasi udara pada ruangan,” kata Dokter Ahmad lewat keterangan resminya.

Baca Juga: 130 Oxygen Concentrator Dibagikan ke IGD dan Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Tak perlu khawatir, saat ini sudah ada inovasi cat kesehatan dengan formula silver-ion. Fungsinya, tidak hanya basmi bakteri, tapi juga virus.

Cat tersebut bahkan sudah dianalisa di laboratorium. Virus corona akan mati setelah terjadi kontak dengan lapisan cat yang sudah dilengkapi formulasi tersebut.

Dikatakan Ramdhan Effendi dari Nippon Paint, cat kesehatan ini pun sudah mewarnai Wisma Atlet Kemayoran. Karena sudah aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.

"Dampak positif penggunaan cat ini adalah sebagai salah satu tindakan preventif dalam melawan Covid-19, juga memberikan perlindungan kepada tenaga medis dan pasien," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini