Jangan Lengah Penuhi Kebutuhan Gizi Seimbang Anak saat Pandemi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 481 2450699 jangan-lengah-penuhi-kebutuhan-gizi-seimbang-anak-saat-pandemi-bqRFCvYksp.jpg Ilustrasi. (Foto: Parenting)

WALAU pandemi, bukan berarti orangtua tak memantau tumbuh kembang anak. Anda harus bisa menyeimbangkan antara asupan gizi dan anak harus aktif berolahraga.

Perlu diketahui, memantau tumbuh kembang anak juga seiiring dengan menjaga imunitas si kecil. Jadi orangtua tak boleh lengah dengan hal ini.

Sports Nutritionist Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan, kurangnya aktivitas fisik bagi anak bisa mengganggu kesehatan. Karena itu, orangtua perlu mengimbangi dengan pemberian asupan gizi seimbang.

Baca Juga: Ibu Menyusui Positif Covid-19, Amankah Minum Obat?

ibu dan anak

"Orangtua berperan penting untuk memberikan nutrisi yang seimbang sekaligus terus memotivasi anak untuk bergerak aktif walaupun di rumah saja," katanya saat webinar Milo Active Academy.

Dia menambahkan, kedua hal ini perlu dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Meski pandemi, tumbuh kembang anak juga harus dijaga secara optimal.

Apalagi, menurut Nutrisionis Nestle Indonesia Eka Herdiana, usia 5-15 tahun merupakan periode pertumbuhan yang penting bagi anak. Mereka akan mengalami perubahan fisik, kognitif dan sosial/karakter yang sangat pesat.

"Maka orangtua perlu memperhatikan asupan gizi yang tepat bagi anak dan mengajak mereka untuk mencintai olahraga sejak dini," tambahnya.

Dia mengatakan, di masa pandemi olahraga online yang dihadirkan untuk membangkitkan semangat olahraga anak. Jadi walau di rumah saja, anak dan orangtua dapat bergerak aktif di rumah saja.

World Health Organization (WHO) juga merekomendasikan agar anak-anak dan remaja melakukan paling sedikit satu jam kegiatan fisik setiap hari. Kemudian orangtua juga perlu membatasi waktu di depan layar elektronik.

Di samping itu, olahraga merupakan guru terbaik bagi anak untuk dapat belajar mengenai nilai-nilai kehidupan seperti percaya diri, pantang menyerah, sportivitas, dan kerja sama tim, sehingga membantu membentuk karakter tangguh anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini