Sentra Vaksinasi Makin Banyak, Datanglah saat Sepi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 481 2450977 sentra-vaksinasi-makin-banyak-datanglah-saat-sepi-C9yAQ7151u.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: Biospace)

DI tengah pandemi Covid-19 semakin banyak dibutuhkan peran berbagai lembaga, termasuk lembaga pendidikan hingga swasta untuk ikut serta membangun sentra vaksinasi Covid-19. Sejumlah universitas dan pihak swasta beramai-ramai membangun sentra vaksinasi guna membantu pemerintah menjangkau warga yang divaksin.

Memang menjamurnya sentra vaksinasi ini sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat yang tak ragu lagi untuk divaksin. Hal ini membuat senang Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe.

 sentra vaksinasi

"Ramainya sentra vaksinasi mengartikan masyarakat tak ragu lagi untuk divaksin," kata Dokter Dirga belum lama ini.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa banyak kabar yang memperlihatkan sentra vaksinasi dipenuhi orang-orang hingga terlihat seperti kerumunan. Ini harus diwaspadai semua orang. Jangan sampai Anda keluar rumah untuk mendapatkan vaksin supaya tubuh terlindungi, malah terpapar Covid-19 karena ada di antara kerumunan.

Oleh karena itu, dr Dirga memberikan beberapa tips vaksin aman di sentra vaksinasi, antara lain pilih tempat yang sepi, pilih waktu yang tidak 'peak hour' alias saat sepi untuk menghindari kerumunan.

Selain itu, lanjutnya, selalu pakai masker, dan jangan pernah mengobrol. "Jangan ngobrol baik saat menunggu antrean maupun saat diminta menunggu 30 menit pascavaksinasi. Ya, kalau mau foto-foto dikit boleh, tapi jangan ngobrol apalagi buka masker!," tegas Dokter Dirga.

Sementara itu, dalam rangka mendukung penanggulangan wabah Covid-19 di DKI Jakarta, Perumda Pembangunan Sarana Jaya berkolaborasi dengan Kelurahan Pondok Kelapa dan Tenaga Kesehatan setempat telah menyediakan sentra vaksinasi di Mall Pokets. Vaksinasi sendiri sudah dimulai sejak tanggal 12 Juli 2021 dan akan berlangsung hingga 10 September 2021.

Pengelola Mall Pokets Prabowo mengatakan, sentra vaksinasi Mall Pokets terhitung per 30 Juli 2021, total keseluruhan peserta yang terdaftar untuk vaksin sebanyak 11.512 orang dan yang telah menerima vaksin sebanyak 10.720 orang dengan rata-rata pendaftar setiap harinya sebanyak 800 orang.

“Setiap harinya kami mendapat laporan dari lapangan, bahwa pendaftar di sentra vaksinasi ini tidak hanya dari sekitar warga Kelurahan Pondok Kelapa saja, yang mendaftar melalui Jaki, namun juga banyak dari warga yang Kartu Tanda Penduduk (KTP)-nya Luar Jakarta,” ujar Prabowo.

Sementara itu, Direktur Utama Sarana Jaya Agus Himawan mengatakan, pihaknya juga akan melakukan vaksinasi tahap 2 untuk keluarga pegawai dan pensiunan di kantor pusat, Selasa, 3 Agustus 2021. Vaksinasi tahap 1 telah dilaksanakan 7 Juli kemarin.

"Sejatinya sentra vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan dukungan kami terhadap masyarakat Indonesia khususnya DKI Jakarta, dan juga komitmen kami dalam mendukung langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui percepatan program vaksinasi di tengah pandemi Covid-19," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini