Telemedicine Masa Depan, Konsultasi Dokter Bisa dengan Scan Retina Mata

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 481 2451036 telemedicine-masa-depan-konsultasi-dokter-bisa-dengan-scan-retina-mata-fPaoUhXHOZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TEKNOLOGI Artificial Intelligence (AI) dimanfaatkan untuk berbagai bidang. Mulai dari layanan kesehatan, telekomunikasi, e-commerce hingga bidang lainnya.

Di bidang kesehatan, teknologi AI dipakai untuk hal telemedicine. Teknologi tersebut memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan.

Dengan telemedicine, Anda tak perlu pergi ke fasilitas secara langsung jika ingin bertemu dokter.

AI

Sementara itu, dilansir dari Dailymail, teknologi AI sebenarnya sudah berkembang sejak beberapa tahun belakangan. Teknologi ini bisa mendeteksi banyak penyakit dengan menggunakan robot.

Di California misalnya, Google bekerja sama dengan perusahaan kesehatan untuk menciptakan algoritma Artificial Intelligence (AI). Robot ditugaskan untuk mengecek retina mata untuk mencerminkan kesehatan seseorang.

Dijelaskan Ravi Saraogi dari Uniphore APAC, sejak awal pandemi Covid-19, teknologi AI sudah dimanfaatkan dengan baik oleh siapa saja. Layanan telekomunikasi saat ini menjadi sangat penting untuk berbagai hal.

"Mulai dari bekerja dari rumah, membeli bahan makanan secara daring, sampai belajar-mengajar dari jarak jauh," katanya lewat keterangan resmi.

Karenanya, walaupun pandemi, koneksi harus terjaga dan belum pernah terjadi sebelumnya. Untuk itu, butuh strategi untuk menggunakan kekuatan teknologi AI.

"Dengan mengadopsi jenis teknologi digital ini, siapapun bisa memberikan pengalaman yang unggul dan mencapai hasil yang diinginkan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini