Selain Jahe, Ini 4 Bahan Alami Pereda Batuk Kering untuk Pasien Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 612 2450612 selain-jahe-ini-4-bahan-alami-pereda-batuk-kering-untuk-pasien-covid-19-1ip4vhuPLV.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BATUK kering tidak berdahak memang menjadi salah satu gejala Covid-19. Batuk ini tentu saja mengganggu, apalagi ketika kita sedang beristirahat. Bisa saja tidur kita jadi tidak berkualitas karena terganggu batuk.

Memang untuk meredakan gatal di tenggorokan salah satu yang bisa digunakan adalah jahe hangat. Nah, selain jahe ini ada juga beberapa bahan alami yang bisa menjadi solusi mengatasi batuk.

Melansir Femina India, berikut 5 cara meredakan batuk kering dengan menggunakan bahan alami. Tapi yang perlu diperhatikan adalah obat-obatan herbal ini tidak membunuh virus Covid-19, hanya meringankan batuk yang terjadi.

Batuk

Kunyit

Obat multifungsi lainnya adalah kunyit, yang mengandung kurkumin. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, anti-virus dan anti-bakteri, jadi kunyit ini bermanfaat untuk beberapa masalah termasuk batuk kering.

Madu murni

Madu adalah salah satu pengobatan rumahan tertua untuk batuk kering.ni memiliki efek antimikroba yang dapat meredakan infeksi bakteri atau virus ringan.

Ini adalah alternatif terbaik untuk orang dewasa maupun anak-anak, tetapi tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia dua tahun. Madu memicu kelenjar ludah untuk menghasilkan lebih banyak air liur, yang pada gilirannya melumasi saluran udara Anda dan meredakan batuk Anda.

Kumur air garam

Dokter selalu menyarankan pasien untuk berkumur dengan air asin saat menggunakan pengobatan rumahan untuk batuk kering karena efektivitasnya dalam meredakan sakit tenggorokan.

Air asin bersifat osmotik, yang mengubah arah cairan. Itu menarik kelembaban dari daerah nyeri yang membantu dalam mengurangi pembengkakan serta iritasi yang disebabkan oleh batuk kering.

Ambil segelas penuh air hangat dan aduk dengan setengah sendok makan garam. Biarkan hingga dingin sebelum berkumur. Air asin harus tetap berada di belakang tenggorokan selama beberapa detik sebelum Anda memuntahkannya. Ulangi dan lakukan selama beberapa hari untuk efek yang tepat.

Thyme tea

Thyme telah digunakan sebagai obat sejak Wabah Hitam di Eropa. Ini mengandung senyawa yang bersifat antispasmodik, membantu mengendurkan otot-otot tenggorokan.

Selain sebagai obat rumah yang baik untuk batuk kering dan sakit tenggorokan, thyme juga mengandung sifat antioksidan yang meredakan masalah pencernaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini