Penanganan Covid-19 Masih Andalkan 3 Pilar Utama

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 612 2450830 penanganan-covid-19-masih-andalkan-3-pilar-utama-CQK24wMcIn.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH terus berupaya melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi ledakan Covid-19. Salah satunya, dengan menetapkan kebijakan pemerintah yang bertumpu pada tiga pilar utama.

Sebagaimana diketahui, ledakan kasus Covid-19 yang semakin memperihatinkan dipicu dengan merebaknya varian Delta yang dinilai lebih cepat menyebar. Alhasil, tiga pilar utama pemerintah yang meliputi kecepatan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan 3M yang disiplin dan masif, serta pelaksanaan 3T yang menyeluruh masih menjadi senjata utama pemerintah untuk mengatasi situasi ini.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Rabu (4/8/2021), tiga pilar tersebut kemudian direalisasikan dalam berbagai kebijakan penanganan Covid-19 termasuk terkait PPKM dan perpanjangannya.

Pelaksanaan 3T

Kegiatan pengetesan (testing), pelacakan (tracing), isolasi dan perawatan (treatment) secara masif, termasuk menjaga BOR, penambahan fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen.

Kecepatan vaksinasi

Semakin luas cakupan vaksinasi, maka akan semakin cepat pula kekebalan kelompok (herd Immunity) yang tercipta. Terutama pada wilayah-wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi.

Protokol kesehatan 3M

Penerapan yang masif di seluruh komponen masyarakat, yang meliputi memakai masker, menjaga jarak dan mencegah kerumunan, serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara rutin.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini