Sulawesi Jadi Pulau dengan Tingkat Kepatuhan Pakai Masker Paling Rendah Se-Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 612 2450939 sulawesi-jadi-pulau-dengan-tingkat-kepatuhan-pakai-masker-paling-rendah-se-indonesia-oYjefNRAw4.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TINGKAT kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes) memang menjadi kunci penganggulangan Covid-19. Seberapa banyaknya vaksin yang sudah disuntikan tidak berguna jika memakai masker dan menjaga jarak yang masih rendah.

Ketua Bidang Data Dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, dr. Dewi Nur Aisyah mengatakan pemerintah telah mencatat beberapa pulau di Tanah Air dengan tingkat kepatuhan yang rendah dalam menerapkan protokol kesehatan dalam satu minggu terakhir.

Dalam sesi jumpa pers, ‘Covid-19 Dalam Angka: Optimalisasi Peran Posko PPKM’, Rabu (4/8/2021), dr. Dewi memaparkan sejumlah data yang menunjukkan lokasi dengan tingkat kepatuhan prokes rendah atau di bawah 75 persen.

Masker

Dari paparannya diketahui semakin rendah persentasenya, maka semakin banyak daerah di pulau tersebut yang masih abai dengan protkol kesehatan.

1. Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi memiliki 48 persen kelurahan dan desa yang kepatuhan memakai maskernya masih rendah, dan sebanyak 45,78 persen kelurahan desa yang kepatuhan jaga jaraknya masih rendah.

2. Pulau Maluku dan Papua

Pulau Maluku dan Papua berada di urutan kedua, dengan 40,24 persen yang masih abai menggunakan masker. Sementara 41,04 persen kepatuhan jaga jaraknya rendah.

3. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera berada di peringkat ketiga dengan jumlah kelurahan dan desa yang abai mengenakan masker sebesar 30,94 persen, dan 26,90 persen terkait dengan terhadap protokol menjaga jarak.

4. Pulau Kalimantan

Posisi keempat ditempati oleh Pulau Kalimantan dengan kelurahan dan desa dengan kepatuhan memakai masker rendah sebesar 21,80 persen, sedangkan menjaga jarak sebesar 24,19 persen.

5. Pulau Jawa dan Bali

Pulau Jawa dan Bali menempati posisi kelima dengan kelurahan dan desa yang abai mengenakan masker sebesar 16,83 persen, dan menjaga jarak sebesar 24,07 persen.

6. Pulau Nusa Tenggara

Pulau Nusa Tenggara menjadi yang terbaik selama sepekan terakhir. Tercatat Pulau Nusa Tenggara memiliki kepatuhan rendah dalam menggunakan masker sebesar 21,84 persen dan 17,48 persen dalam menjaga jarak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini