Keracunan Jengkol? Coba Obati dengan Air Soda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 612 2450971 keracunan-jengkol-coba-obati-dengan-air-soda-nWbr666W9y.jpg Ilustrasi Jengkol. (Foto: Shutterstock)

SETIAP kuliner memang memiliki penggemarnya tersendiri, termasuk jengkol. Tapi layaknya kuliner lain, berlebihan memakan jengkol juga bisa menyebabkan keracunan loh.

Terlalu banyak makan jengkol bisa menyebabkan sakit perut yang amat sakit (kram), sangat nyeri ketika buang air kecil, urin sedikit dan sering mengandung darah atau yang kerap disebut dengan jengkolan. Bahkan, pada kasus berat jengkolan bisa ditandai dengan urine tidak keluar sama sekali.

Ahli Kesehatan Prof Zubairi Djoerban menerangkan bahwa jengkolan terjadi karena kadar asam jengkolat dari mengonsumsi jengkol terlalu banyak dalam tubuh.

Jengkol

"Jengkol itu mengandung asam jengkolat yang mudah mengkristal. Sehingga hal itu dapat mengakibatkan terbentuknya kristal jengkolat di ginjal dan dampaknya kristal jengkolat itu bisa menyumbat air kencing," terangnya di media sosial.

Prof Beri, sapaan akrabnya, mengingatkan bahwa ketika kondisi penyumbatan air kencingnya terjadi terus menerus, maka perlu penanganan medis lebih intens. Sebab, itu berbahaya bagi ginjal.

"Aliran urine yang tidak lancar mempermudah terjadinya infeksi saluran kemih dan pembengkakan ginjal yang akhirnya berisiko gagal ginjal. Jadi, gejala ringan jengkolan pun harus diwaspadai, ya," ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini