Minum Minuman Hangat saat Cuaca Panas Ternyata Lebih Efektif Menyegarkan Tubuh

Ravie Wardani, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 298 2451495 minum-minuman-hangat-saat-cuaca-panas-ternyata-lebih-efektif-menyegarkan-tubuh-4PzuoqCITI.jpg Ilustrasi minuman hangat. (Foto: Jill Wellington/Pixabay)

MINUM teh hangat saat berjemur di bawah sinar matahari ternyata bisa menyegarkan tubuh lho. Bahkan, peneliti menyebut minuman hangat lebih efektif menyegarkan tubuh ketimbang yang dingin, meski suhu cuaca sedang panas.

Cuasa yang tidak menentu membuat tubuh butuh kesegaran ekstra. Mungkin Anda kerap tergoda menikmati minuman dingin di tengah cuaca panas. Namun, hasil penelitian rupanya tak sejalan dengan kemauan banyak orang.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe Bantu Jaga Imunitas Selama Pandemi Covid-19 

Fakta menyebut menikmati kopi atau teh hangat di kala suhu cuaca sedang panas sekalipun lebih efektif menyegarkan tubuh. Hal ini ternyata tidak banyak diketahui orang lantaran godaan kesegaran minuman dingin terlihat lebih menggairahkan.

Ilustrasi minuman hangat.

Penelitian dari University of Ottawa pada 2012 melihat efek menikmati minuman hangat pada suhu tubuh. Hasilnya mengungkapkan bahwa minuman hangat dapat menyegarkan tubuh, namun hanya dalam kondisi tubuh yang kering.

Baca juga: 5 Resep Minuman Sehat Penetralisir Lemak Usai Makan Daging Kurban 

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr Ollie Jay, salah satu penulis penelitian. Dia menjelaskan, ketika seseorang minum minuman hangat, reaksi tubuh justru menyimpan sedikit panas di dalamnya. Dr Ollie Jay juga menegaskan kondisi ini akan lebih efektif apabila keringat kita bisa menguap dengan baik.

"Jika Anda minum minuman hangat, itu menghasilkan lebih sedikit panas yang disimpan di dalam tubuh Anda, asalkan keringat tambahan yang dihasilkan saat Anda minum minuman panas bisa menguap," tutur Dr Ollie Jay, seperti dikutip dari laman Mirror, Kamis (5/8/2021).

Menurut penjelasannya, ketika meminum minuman hangat, tubuh acap kali berkeringat. Jika keringat dapat menguap, justru hal ini sebenarnya bagian dari proses pendinginan tubuh secara alami. Bahkan, proses ini lebih efektif ketimbang menikmati minuman dingin.

Ketika tubuh berkeringat, kondisi ini merupakan fungsi untuk mendinginkan tubuh. Saat keringat menguap dari permukaan kulit, proses ini menghilangkan panas berlebih dengan mengubah air dari cairan menjadi uap.

Baca juga: 5 Minuman Sehat Ini Bisa Cegah Terpapar Covid-19, Yuk Coba 

Namun dalam kondisi tubuh yang lembap, efek ini kurang efektif, sehingga meminum minuman hangat tidak membantu proses pendinginan tubuh dengan baik.

"Pada hari yang sangat panas dan lembap, jika Anda mengenakan banyak pakaian, atau jika Anda mengeluarkan banyak keringat, sehingga mulai menetes ke tanah dan tidak menguap dari permukaan kulit, maka minum minuman hangat adalah hal yang buruk," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini