Pengembangan Bioteknologi Diharap Bisa Sembuhkan Kanker

Kamis 05 Agustus 2021 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 481 2451321 pengembangan-bioteknologi-diharap-bisa-sembuhkan-kanker-0sHmwHUJVd.jpg Ilustrasi. (Foto: Thestandart)

KEMAJUAN ekosistem industri kesehatan di Indonesia semakin terlihat. Salah satunya yaitu pengembangan obat berbasis bioteknologi.

Bioteknologi telah berkembang sejak lama di Indonesia, seperti pada pembuatan tempe dan oncom, namun bioteknologi modern baru berkembang ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengizinkan munculnya program Bioteknologi (1985) di beberapa perguruan tinggi.

Sementara itu, pengembangan obat bioteknologi saat ini sedang diteliti oleh banyak pihak. Sumber daya manusia di Indonesia juga sudah berkompeten.

Peneliti

Dijelaskan Nathan Tirtana dari Etana Biotechnologies Indonesia, bioteknologi sudah berkembang sedemikian pesat di negara-negara maju. Teknologi ini memungkinkan manusia mendapat penyembuhan penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, seperti kanker.

"Obat berbasis bioteknologi ini sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia," katanya lewat keterangan resminya.

Ditanggapi Prof. Ari Kuncoro SE., MA., Ph.D, Rektor Universitas Indonesia, sudah waktunya Indonesia mengembangkan dan memproduksi produk biologi. Sejumlah akademisi juga siap kerja sama dalam penelitian.

"Diharapkan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dunia kesehatan di Indonesia," terangnya.


Selama ini, kata Prof Ari, berbagai riset telah dilakukan di UI, terutama di masa pandemi Covid-19. Yakni untuk membantu  pemerintah dalam menghadapi berbagai masalah dan dampak akibat penyakit
tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini