6 Cara Atasi Takut Jarum Suntik saat Vaksinasi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 481 2451503 6-cara-atasi-takut-jarum-suntik-saat-vaksinasi-covid-19-4ap90irZIY.jpg Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

SELAMA masa pandemi, vaksinasi covid-19 adalah hal yang sangat penting dilakukan. Selain bisa mencegah tingkat keparahan yang muncul saat terinfeksi covid-19, vaksinasi juga dapat menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) yang dapat melindungi masyarakat dari penyakit.

Meski demikian saat ini, banyak masyarakat enggan atau masih ragu untuk divaksinasi karena berbagai alasan, salah satunya adalah trypanophobia. Ini kondisi di mana seseorang mengalami ketakutan yang berlebihan terkait tindakan medis yang melibatkan jarum suntik.

Baca juga: Minum Minuman Hangat saat Cuaca Panas Ternyata Lebih Efektif Menyegarkan Tubuh 

Tidak bisa dimungkiri bahwa masih banyak masyarakat Indonesia fobia dengan jarum suntik. Bagi para trypanophobia, mendapatkan suntikan vaksin covid-19 adalah salah satu hal yang paling mengerikan dan menyakitkan.

Ilustrasi vaksinasi covid-19.

Mereka bahkan bisa mengalami gejala-gejala khusus yang sangat tidak nyaman, seperti berkeringat, tremor, detak jantung kencang, pusing, hingga pingsan.

Tentunya kondisi ini membuat orang dengan trypanophobia menjadi takut dan ragu untuk mendapat suntikan vaksin covid-19.

Baca juga: Ibu Terpapar Covid-19 Tidak Boleh Menyusui Bayinya, Dokter: Ini Hoaks Terbesar 

Dirangkum dari unggahan akun Instagram Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Kamis (5/8/2021), berikut ini tips mengatasi takut saat disuntik vaksin covid-19.

1. Abaikan informasi salah (hoaks) tentang vaksin untuk mengurangi fobia.

2. Fokus pada hal-hal positif.

3. Makan dan minum yang cukup sebelum divaksin supaya terhidrasi dengan baik dan membantu mengurangi perasaan pusing.

4. Mengingat tempat favorit dapat membantu menenangkan kecemasan.

5. Hindari melihat jarum suntik.

6. Tidak perlu malu menyampaikan kepada petugas kesehatan bahwa takut dengan jarum suntik.

Baca juga: Dokter Bagikan Cara Aman Beri ASI ketika Ibu atau Bayi Positif Covid-19 

Melalui enam cara tersebut, mudah-mudahan rasa takut terhadap jarum suntik bisa teratasi sehingga vaksinasi covid-19 dapat berjalan lancar.

Jangan lupa selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, Memakai masker, serta Menjaga jarak agar terhindar dari covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini