Beautypedia: 5 Cara Rumahan Bersihkan Pori-Pori Tersumbat di Kulit Wajah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 611 2451619 beautypedia-5-cara-rumahan-bersihkan-pori-pori-tersumbat-di-kulit-wajah-OWi61cIVuC.jpg Ilustrasi membersihkan pori-pori tersumbat di kulit wajah. (Foto: Shutterstock)

PEMBERSIHAN pori-pori tersumbat harus menjadi bagian dari perawatan kulit Anda. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa produk perawatan mungkin tidak bekerja sebaik yang diinginkan?

Ya, itu karena Anda mengaplikasikannya di atas lapisan penumpukan pada kulit wajah dan tidak menembus untuk bekerja dengan baik. Tujuan pembersihan mendalam pori-pori adalah menghilangkan komedo serta kotoran yang menempel di kulit.

Baca juga: 5 Cara Gunakan Maskara Tanpa Merusak Bulu Mata 

Ini akan memungkinkan produk perawatan Anda menembus dan merawat kulit secara mendalam. Mencuci wajah saja tidak cukup dan membersihkan pori-pori yang tersumbat membutuhkan pembersihan mendalam.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah untuk membersihkan pori-pori kulit secara mendalam. Dikutip dari Pinkvilla, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan pori-pori tersumbat.

1. Steam

Ini adalah perawatan termudah dan paling efektif dan merupakan pilihan baik ketika kulit Anda kurang berkilau. Cukup tuangkan air yang panas mengepul ke dalam mangkuk, letakkan handuk di atas kepala dan perlahan-lahan turunkan wajah ke arah air.

Anda juga bisa menggunakan steamer wajah jika memilikinya di rumah. Untuk hasil yang jauh lebih efektif, tambahkan beberapa tetes peppermint atau teh hijau ke dalam air panas tersebut.

Jika Anda memiliki kulit berminyak dan rawan jerawat, beberapa tetes minyak pohon teh akan bekerja dengan sangat baik. Steam wajah Anda selama 10 hingga 15 menit.

Masker wajah. (Foto: Freepik)

2. Buat masker madu/lemon

Madu adalah bahan utama di hampir setiap masker DIY karena memiliki sifat penyembuhan serta membantu mengencangkan pori-pori kulit wajah. Masker paling sederhana adalah dengan mengoleskan beberapa sendok makan madu mentah langsung ke kulit wajah.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan kayu manis atau satu sendok makan yoghurt dengan satu sendok teh minyak zaitun untuk menghaluskan kotoran di kulit.

Sedangkan lemon adalah bahan ampuh lainnya karena asamnya adalah exfoliant alami. Anda dapat menambahkannya ke masker di atas atau cukup menerapkan beberapa tetes langsung ke wajah.

Diamkan selama 10 menit lalu cuci muka dengan air hangat. Anda dapat menerapkan masker ini tiga kali seminggu sesuai kebutuhan. Hindari masker lemon jika Anda memiliki kulit yang sangat kering.

Baca juga: Beautypedia: Pakai Eyeliner di Garis Air Berbahaya untuk Kesehatan 

3. Peterseli

Peterseli bukan hanya bahan yang bagus untuk menghilangkan bintik hitam, tetapi juga merupakan pembersih pori yang bagus. Ini dapat digunakan setiap hari atau dua kali seminggu bila dicampur dengan lemon dan madu.

Rendam kepala kecil peterseli ke dalam air hangat. Lalu celupkan kain lap ke dalam air dan oleskan ke wajah selama 10 hingga 15 menit. Untuk membuat masker, cincang halus kepala peterseli (setelah direndam dalam air hangat) dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada wajah Anda selama 10 hingga 15 menit.

4. Lulur gula

Menggunakan scrub secara teratur selalu merupakan keharusan, tetapi terkadang scrub tertentu bisa sedikit keras pada kulit sensitif sehingga pilihan bagus lainnya adalah gula.

Cukup ambil dua sendok makan gula pasir, campur dengan setengah lemon (jus) dan sedikit air. Hancurkan semuanya sampai Anda mendapatkan pasta kental dan pijat dengan lembut ke kulit, lalu cuci bersih.

Baca juga: Beautypedia, Ini 5 Penyebab Utama Munculnya Ketombe di Kepala 

5. Soda kue

Ini adalah masker mudah lainnya yang bisa Anda buat di rumah. Ambil dua sendok teh soda kue dan campur dengan satu sendok teh air. Ini akan menjadi masker penyeimbang pH yang sangat baik. Biarkan selama 5 sampai 10 menit dan kemudian bilas. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam campuran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini