Share

Intip Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Bareng Si Kecil #DiRumahAja

Rizqa Leony Putri , Okezone · Jum'at 06 Agustus 2021 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 12 2451814 intip-olahraga-ringan-yang-bisa-dilakukan-bareng-si-kecil-dirumahaja-XSJqzlD4mo.jpg fOTO : Dok Freepik

JAKARTA - Menghabiskan waktu bersama anak-anak tercinta adalah kesempatan yang tak boleh dilewatkan. Sebab di saat inilah Anda bisa mengetahui dan mengawasi tumbuh kembang si buah hati yang terus berlangsung setiap harinya.

Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan cara mengerjakan berbagai kegiatan bersama-sama. Terlebih, situasi pandemi Covid-19 #DiIndonesiaAja saat ini juga mengharuskan masyarakat untuk membatasi mobilitasnya dan tetap berada di #DiRumahAja, khususnya pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak 3 Juli 2021 lalu.

Kesempatan ini tentunya dapat Anda manfaatkan untuk membangun kedekatan bersama si kecil, seperti belajar ataupun bermain bersama. Nah, agar kegiatan #DiRumahAja bersama anak makin seru dan menyehatkan, cobalah lakukan olahraga ringan bersama.

Selain mengasyikkan, kegiatan ini tentunya dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda dan buah hati di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Apa saja olahraga ringan yang dapat dilakukan bersama si kecil #DiRumahAja? Simak informasinya berikut ini.

 1. Yoga

 

(Foto: Freepik)

Mengenalkan yoga kepada anak merupakan salah satu ide menarik untuk dilakukan selama berada #DiRumahAja. Selain menyehatkan tubuh Anda dan si kecil, yoga juga memberikan banyak manfaat lainnya, lho.

Melakukan yoga dengan rutin dapat membantu meningkatkan fleksibilitas fisik, melatih keseimbangan, serta mendorong anak untuk menetralkan pikirannya agar mampu fokus dan berkonsentrasi. Anak juga dapat belajar bagaimana menghadapi kondisi ketidakstabilan dan rasa sakit.

Olahraga ini juga dapat membantu menguatkan koneksi antara pikiran dan juga tubuh. Cobalah lakukan beberapa pose yoga ringan yang dapat dipraktikkan bersama anak, di antaranya seperti pose Balasana, Marjariasana, Bhujangasana, Sethu Bandhasana, dan lain-lain.

Selain meningkatkan kekuatan inti tubuh, olahraga yang dapat dilakukan #DiRumahAja ini dapat menekan kekuatan koneksi antara gerakan dan napas. Tak hanya bermanfaat untuk fisik, yoga juga baik bagi kesehatan mental.

Ketika berlatih yoga, orangtua dan anak akan belajar saling menerima diri satu sama lain. Orangtua pun dapat memahami dan menerima segala kemampuan dan keterbatasan yang dimiliki sang anak.

2. Senam

 

(Foto: Freepik)

Senam merupakan salah satu olahraga yang memadukan kekuatan, kecepatan, dan keserasian dari gerakan fisik. Olahraga ini tak membutuhkan ruang khusus dan dapat dilakukan di mana saja, termasuk #DiRumahAja.

Melakukan olahraga senam bersama anak tentunya menjadi aktivitas yang sangat seru, sebab melalui senam, anak dapat mengembangkan potensi mereka dan mencoba untuk mengontrol tubuh serta keseimbangannya.

Olahraga senam sendiri terdiri dari banyak jenis, di antaranya seperti senam lantai, senam aerobik, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dan lain-lain. Sebelum memulai senam, jangan lupa ajak anak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya.

Salah satu jenis senam yang dapat dengan mudah dilakukan bersama si kecil adalah senam lantai. Anda bisa menerapkan beberapa gerakan dasar seperti roll depan, roll belakang, sikap lilin, atau pun kayang.

Gerakan-gerakan ini dapat membantu Anda dan si kecil meningkatkan fleksibilitas yang nantinya berdampak pada berkurangnya kemungkinan terjadinya cedera. Secara keseluruhan, olahraga senam juga dapat membantu memelihara kondisi tubuh agar tetap sehat dan kuat.

3. Lompat Tali

 

(Foto: Freepik)

Lompat tali atau skipping menjadi salah satu jenis olahraga yang cocok dimainkan bersama anak tercinta #DiRumahAja. Hal itu karena olahraga ini mudah untuk dilakukan dan juga tak membutuhkan tempat khusus untuk melakukannya.

Olahraga lompat tali memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh, lho. Jika dilakukan secara teratur, aktivitas lompat tali dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dan si kecil.

Tak hanya itu, olahraga lompat tali juga dapat memperbaiki otot tubuh, di antaranya kaki, bahu, dan lengan. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga yang terbilang ringan ini. Anak-anak pun akan senang dan bersemangat ketika melakukannya.

Tali skipping dapat diperoleh dengan mudah, Anda bisa #BeliKreatifLokal secara online melalui layanan e-commerce yang tersedia. Jadi, tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak sekaligus membuat tubuh tetap aktif selama #DiRumahAja.

 4. Zumba

 

Dok : Instruktur Zumba Liza Natalia

Olahraga zumba kerap diidentikkan dengan olahraga khusus wanita. Padahal olahraga ini sejatinya dapat dilakukan oleh pria maupun wanita. Baik dewasa, anak-anak, dan remaja, termasuk Anda dan sang buah hati tercinta.

Zumba pun terdiri dari beberapa kategori seperti zumba fitness, zumba kids, zumba gold, aqua zumba, zumba step, dan masih banyak lagi. Setiap kategori memiliki fungsi dan keunikannya masing-masing yang pastinya dapat menambah kebugaran pada tubuh.

Gerakan zumba pada umumnya berbasis tarian dan diiringi dengan musik bersemangat. Meski terlihat mudah, olahraga ini tak bisa diremehkan, ya. Anda dan si kecil tentunya harus melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu untuk meregangkan otot-otot tubuh.

Selain berolahraga dengan teratur, seimbangkan pula dengan mengonsumsi makanan dan minuman menyehatkan yang memberikan segudang manfaat bagi tubuh. Anda dapat #BeliKreatifLokal secara online melalui e-commerce atau media sosial para pelaku UMKM kuliner yang ada di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Jika tak memiliki peralatan dan outfit yang lengkap untuk berolahraga di rumah, jangan khawatir! Berbagai pengusaha kreatif lokal di Indonesia menawarkan beragam jenis peralatan olahraga lengkap dengan outfit berkualitas yang dapat menunjang aktivitas olahraga Anda bersama si kecil #DiRumahAja.

Cukup memesan secara online melalui e-commerce terpercaya, pesanan akan siap diantar sampai ke rumah Anda. Selain praktis, #BeliKreatifLokal secara online juga dapat membantu roda perekonomian para pelaku usaha di Indonesia agar dapat terus berputar, khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan, “kita semua harus membeli produk ekonomi kreatif lokal yang harus di-support oleh kita sendiri. Saya ingin mengajak semua masyarakat bersiap-siap memulihkan kegiatan ekonomi kita. Karena pandemi ini sudah satu tahun, kita butuh kabar baik untuk masyarakat dan ekonomi negara kita.”

Setelah berolahraga bersama keluarga, Anda juga bisa mengikuti serunya lomba 17-an melalui Kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia, lho! Kompetisi ini digelar pada 27 Juli sampai 20 Agustus 2021 dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Video-video kreasi terbaik akan berkesempatan di tayangkan di akun Instagram @pesonaid_travel, Youtube Pesona Indonesia, dan platform Rumah Digital Indonesia.

Cara ikutannya juga mudah lho. Anda bisa pilih salah satu lagu daerah favorit Anda, lalu upload video Anda di Instagram feed Anda serta jangan lupa supaya lebih menarik lagi, Anda bisa sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum dan aksesoris khas masing-masing daerah biar makin meriah. Mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption ya!

1. Juara 1 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 1 juta rupiah

2. Juara 2 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 700 ribu rupiah

3. Juara 3 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 500 ribu rupiah

Serta, juara hiburan 100 ribu rupiah untuk 20 orang pemenang dan video-video kreasi terbaik akan berkesempatan ditayangkan di akun Instagram @pesonaid_travel, YouTube Pesona Indonesia, dan platform Rumah Digital Indonesia.

Itulah informasi seputar ragam olahraga ringan yang dapat Anda lakukan bersama dengan anak #DiRumahAja. Selain mudah untuk dilakukan, olahraga ini juga dapat membantu Anda dan keluarga meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. Waktu bersama si kecil pun menjadi lebih berkualitas dan menyenangkan.

Jagalah kesehatan dan lakukan vaksinasi Covid-19 demi menekan angka penyebaran virus Covid-19 guna mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity. Tetap patuhi protokol kesehatan 6M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas. Semua itu tentunya demi menjaga keselamatan diri sendiri dan orang-orang yang Anda sayangi.

(CM)

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini