Share

Resep Bebek Goreng Pencit ala Inul Daratista, Sambalnya Seger Banget!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 07 Agustus 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 298 2451873 resep-bebek-goreng-pencit-ala-inul-daratista-sambalnya-seger-banget-E3fj7Secat.jpg Inul masak bebek goreng pencit (Foto : YouTube/MNCTV Official)

KREASI masakan Inul Daratista saat menjadi host di Dapur Ngebor memang enggak ada habisnya! Ia kerapkali membuat masakan nusantara dari berbagai daerah.

Kali ini, ia berkolaborasi dengan Chef Christo untuk membuat bebek goreng pencit. Ini merupakan makanan khas Surabaya yang terkenal segar banget sambalnya.

"Bebek goreng pencit. Kalau dalam bahasa Jawa pencit itu artinya mangga," ujar Inul seperti dikutip akun Youtube MNC TV Official pada Sabtu (7/8/2021).

Bebek Goreng

Sementara itu, Chef Christo menambahkan, ciri khas dari bebek goreng pencit adalah lengkuas. Karenanya, untuk membuat masakan satu ini, ada baiknya Anda menggunakan lengkuas yang banyak.

"Untuk bikin bebek goreng pencit lengkuasnya harus banyak, jadi pas digoreng ada krispi dari lengkuasnya," ujar Chef Christo.

Baca Juga : Resep Bakwan Pontianak ala Inul Daratista, Masak Bareng Christo MasterChef!

Nah, bagi Anda yang ingin mencobanya sebagai main course di akhir pekan ini, berikut resep lengkap beserta cara membuatnya. Selamat mencoba bunda!

Bahan-bahan:

Bebek Goreng

- 1 ekor bebek (potong menjadi 4)

Bumbu ungkep halus:

- 8 siung bawang putih

- 8 siung bawang merah

- 3 sdm ketumbar

- 1 sdt lada bubuk

- Secukupnya kunyit

- Secukupnya garam

- 3 cm jahe

- 3 butir kemiri

Bumbu cemplung:

- 4 lembar daun jeruk

- 2 batang sereh geprek

- 5 cm lengkuas geprek

- 2 lembar daun salam

- 1 sdm asam Jawa

Bumbu serundeng:

- 100 gram kelapa parut

Bahan sambal pencit:

- 5 cabai keriting merah

- 5 cabai rawit

- 1 sachet terasi udang

- Secukupnya garam dan gula

- Mangga serut atau dicacah

Pelengkap:

- Timun

- Kemangi

- Bawang goreng

Link video lengkap : https://www.youtube.com/watch?v=jys0ORU9rpg

Cara membuat:

- Ungkep bebek sekitar 1.5 jam hingga empuk dengan memasukkan semua bumbu halus + bumbu cemplung. Masukkan juga kelapa parut yang dipakai untuk serundengnya.

- Jika sudah empuk, tiriskan. Saring air ungkepan bebek tadi sambil agak ditekan dengan sendok agar airnya habis. Ambil kelapa parut dan pisahkan dengan daging bebek.

- Goreng bebek terlebih dahulu hingga matang, lalu angkat kemudian goreng kelapa parut hingga kecoklatan. Jika dirasa sudah berwarna keemasan langsung disaring kemudian agak ditekan dengan sendok supaya minyak tiris. Serundeng pun benar-benar krispi dan gurih.

- Untuk membuat sambal mangga, uleg cabai keriting, cabai rawit, terasi udang, garam dan gula, kemudian beri serutan mangga muda. Kemudian aduk rata, letakkan di piring, sajikan dengan nasi hangat dan lalapan.

Bebek Goreng

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini