Jangan Terlalu Sering Minum Kopi, Ini Efek Buruknya untuk Kesehatan

Nandha Aprilia, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 481 2451843 jangan-terlalu-sering-minum-kopi-ini-efek-buruknya-untuk-kesehatan-hPXGGTKDMw.jpg Ilustrasi minuman kopi. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

KOPI adalah salah satu minuman favorit yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Mereka minum kopi beberapa kali sehari dengan alasan membuat tetap waspada dan fokus.

Sebagaimana diketahui, kopi mengandung kafein. Sebanyak 400 miligram kafein dalam sehari dianggap aman untuk kebanyakan orang dewasa. Jumlah ini bisa mencapai sekira empat cangkir kopi (1 cangkir = 8 ons).

Namun bagi orang yang melebihi dari jumlah itu justru bisa berdampak buruk. Dilansir dari laman MedicineNet, Jumat (6/8/2020), berikut efek buruk akibat terlalu sering minum kopi.

Baca juga: Intip Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Bareng Si Kecil #DiRumahAja 

1. Peningkatan tekanan darah hingga gelisah

Peningkatan tekanan darah, sakit kepala, gugup, hingga gelisah bisa saja terjadi kepada orang yang mengonsumsi kopi secara berlebihan. Selain itu, efek lainnya bisa terjadi seperti pusing, maag, sampai meningkatkan kecemasan dan membuat tremor pada otot. Tidak sedikit juga jika seseorang merasa berlebihan mengonsumsi kopi bisa merasakan jantung berdebar.

Ilustrasi minuman kopi.

2. Efek terhadap tulang dan meningkatkan kolesterol

Diketahui jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan keropos tulang pada wanita pasca-menopause (jika diet kekurangan asupan kalsium).

Selain itu, minum kopi secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kadar kolesterol, karena kopi yang tidak disaring dan tidak direbus. Efek ini dapat terjadi pada beberapa orang yang sensitif terhadap kafein bahkan jika mereka hanya minum 2 hingga 4 cangkir kopi sehari.

Baca juga: Kenali Proses Terjadinya Varian Delta Plus dari Covid-19 dan Cara Mencegahnya 

Wanita hamil atau program hamil dan sedang menyusui perlu membatasi asupan kafein hingga kurang dari 200 mg per hari. Banyak ginekolog menyatakan asupan kopi selama kehamilan harus benar-benar dihentikan.

Lalu orang yang menderita mulas atau refluks asam jika mengonsumsi kopi harus dalam jumlah yang sangat sedikit atau menghindarinya sama sekali.

3. Risiko terkena stroke

Hal ini bisa saja terjadi apabila seseorang yang gemar meminum kopi tersebut sedang menjalani masa pengobatan. Maka itu, perlu dipastikan berkonsultasi dengan dokter akan masalah ini.

Wajib diketahui, apakah obat-obatan yang dikonsumsi ada efek samping ketika mengonsumsi kopi? Pasalnya, beberapa obat seperti efedrin (digunakan dalam dekongestan) diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko terkena stroke jika dikonsumsi bersamaan dengan kopi.

Oleh karena itu, sebagai sebuah solusi, mengonsumsi kopi harus dihindari setidaknya 4 hingga 6 jam sebelum tidur.

Baca juga: Masak Resep Mewah Ini, Dijamin Bikin Anda Banjir Pujian Seisi Rumah 

Ilustrasi kopi. (Foto: Rawpixel/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini