Dokter Tegaskan ASI Ibu Positif Covid-19 Tidak Tularkan Virus ke Bayinya

Antara, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 481 2452029 dokter-tegaskan-asi-ibu-positif-covid-19-tidak-tularkan-virus-ke-bayinya-UaoAQJMGJM.jpg Ilustrasi ibu menyusui bayinya. (Foto: Shutterstock)

KONSELOR laktasi Dokter Santi Sri Wulandari IBCLC mengungkapkan bahwa air susu ibu (ASI) dari orangtua yang positif terinfeksi covid-19 tidak menularkan virus ke bayinya. Sampai sekarang tidak ada penelitian yang menemukan adanya virus covid-19 di dalam ASI ibu terinfeksi virus tersebut.

Dokter Santi menambahkan, ASI mengandung antibodi dari virus tersebut yang justru dibutuhkan sang bayi. "Setiap kali seorang ibu sakit akan membentuk antibodi yang terdapat di dalam ASI, dan bayi akan mendapatkan antibodi tersebut dari ibunya," jelas dia dalam bincang-bincang bertajuk 'Bagaimana Menyusui yang Aman Selama Pandemi', seperti dikutip dari Antara, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Ibu Terpapar Covid-19 Tidak Boleh Menyusui Bayinya, Dokter: Ini Hoaks Terbesar 

Ibu yang sudah menerima vaksin covid-19 juga boleh tetap menyusui bayinya karena antibodi yang terbentuk dari vaksin akan terdapat dalam ASI sang ibu.

Dokter Santi menjelaskan, ibu yang terinfeksi covid-19 dapat tetap menyusui skin-to-skin dengan buah hati bila dalam keadaan fit dan kuat untuk memberikan ASI.

Ibu menyusui. (Foto: Shutterstock)

Dia menegaskan, ibu harus tetap menjaga protokol kesehatan, mencuci tangan sebelum menyusui dan memakai masker ketika menyusui karena virus bisa tertular melalui batuk, bicara, dan bersin serta menjaga kebersihan pakaian.

Ibu juga wajib tetap menjaga keamanan serta kebersihan selama menyusui agar tidak menularkan virus corona kepada sang bayi.

Baca juga: Dokter Bagikan Cara Aman Beri ASI ketika Ibu atau Bayi Positif Covid-19 

Namun, ibu yang tidak sanggup menyusui langsung bisa memeras air susu dengan memerhatikan kebersihan sebelum memompa ASI, juga memastikan alat pompa ASI dalam keadaan steril.

"Ibu yang terpapar covid-19 cukup parah bisa memberikan donor ASI atau susu formula sementara untuk sang bayi. Yang terpenting adalah menjaga keamanan dan kesehatan Ibu dan anak serta nutrisi anak," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini