Penemu Vaksin Covid-19 Diabadikan dalam Bentuk Boneka Barbie

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 03:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 612 2451642 penemu-vaksin-covid-19-diabadikan-dalam-bentuk-boneka-barbie-LbzER00t1y.jpeg Sarah Gilbert. (Foto: Independent)

PROFESOR Sarah Gilbert muncul sebagai pemberi ‘angin segar’ menghadapi pandemi Covid-19. Ilmuwan dari Universitas Oxford ini menemukan vaksin Covid-19 yang bisa digunakan untuk melawan virus tersebut. 

Sarah bahkan rela melepaskan hak paten atas vaksin Covid yang dia kembangkan bersama Oxford-AstraZeneca. Padahal, jika dia menguasai hak paten itu, dirinya bisa kaya raya. Namun, Gilbert mengesampingkan ambisi semacam itu

Memimpin 300 anggota tim di Universitas Oxford, mereka telah berhasil melewati banyak tahapan dalam pengembangan vaksin, yang biasanya akan memakan waktu sekitar lima tahun.

Prof Gilbert

Nah, untuk menghargai kontribusinya, penemu AstraZeneca ini pun diabadikan dalam bentuk boneka 'vaksinasi barbie' telah dibuat untuk menghormatinya.

Gilbert, yang memimpin pengembangan vaksin Covid di Universitas Oxford, mengatakan dia awalnya menemukan dengan cara “sangat aneh” tetapi berharap itu akan menginspirasi gadis-gadis muda untuk bekerja di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (Stem).

"Saya bersemangat untuk menginspirasi generasi perempuan berikutnya ke dalam karier," katanya seperti dilansir dari Guardian.

"Keinginan saya adalah boneka saya akan menunjukkan kepada anak-anak karier yang mungkin tidak mereka sadari, seperti seorang ahli vaksin," tambah dia.

Seperti halnya Sarah, perusahaan mainan tersebut telah menciptakan model untuk menghormati lima wanita inspirasional lainnya yang bekerja di Stem di seluruh dunia.

Mereka termasuk petugas kesehatan AS Amy O'Sullivan dan Dr Audrey Cruz, dokter Kanada dan juru kampanye Dr Chika Stacy Oriuwa, peneliti biomedis Brasil Dr Jaqueline Goes de Jesus dan Dr Kirby White, seorang petugas medis Australia yang ikut menciptakan pakaian yang dapat digunakan kembali untuk tenaga medis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini