Alami Covid-19 Gejala Sedang, Bolehkah Ibu Menyusui Langsung Bayinya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 612 2451717 alami-covid-19-gejala-sedang-bolehkah-ibu-menyusui-langsung-bayinya-lOMQolCXqb.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMBERIAN ASI di masa pandemi Covid-19 sangatlah penting bagi anak. Bukan hanya untuk pemenuhan nutrisi dan gizi untuk bayi, tapi juga untuk menangkal Covid-19. Pasalnya, antibodi sang ibu akan mengalir lewat ASI kepada anak.

Karena itu, ibu menyusui harus lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan dan untuk sementara ini membatasi kunjungan dari kerabat yang bersifat tidak darurat.  

Dokter Spesialis Anak di RSIA SamMarie Basra & RSUD Budhi Asih, dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A menjelaskan bahwa dukungan pasangan dan keluarga juga berperan penting untuk menjaga psikologis ibu tetap positif dan tenang demi kelancaran pemberian ASI eksklusif berkualitas yang mampu membangun imunitas bayi. 

“Bagi ibu yang terpapar Covid-19 juga tetap masih bisa menyusui bayinya. Jika tanpa gejala atau gejala ringan dan bisa isolasi mandiri di rumah, maka ibu dan bayi disarankan dalam satu ruangan tersendiri, karena bayi perlu skin to skin dengan ibunya dan ini terjadi saat si ibu menyusui bayinya,” terang dr. Zidnie, dari siaran pers yang diterima MNC Portal.

Ia mengingatkan kepada para ibu untuk memastikan selalu cuci tangan dengan sabun sebelum menyusui dan memegang bayi, kenakan masker, tutup mulut dan hidung terutama saat bersin dan jaga kebersihan barang-barang yang digunakan bayi dengan menyemprotkan disinfektan. 

Jika ibu tergolong gejala sedang dan harus dipisahkan dari bayinya, maka ibu dapat memompa ASI untuk tetap menjaga stok ASI dengan menerapkan protokol kesehatan sebaik mungkin. "ASI dari ibu yang terpapar Covid-19 tetap aman diberikan kepada si bayi," katanya.

Selain memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan, ASI tersebut mampu meneruskan antibodi virus Covid-19 untuk bayinya, dengan demikian sistem imunitas bayi dapat lebih kuat di tengah masa pandemi ini. "Di kondisi ini, asupan nutrisi ibu menyusui harus menjadi prioritas utama agar tetap fit dan menghasilkan ASI berkualitas,” lanjutnya. 

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini