Tips Menghadapi Pasangan yang Manipulatif, Dicoba Ya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 23:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 612 2452028 tips-menghadapi-pasangan-yang-manipulatif-dicoba-ya-aWU5KqqAqV.jpg Pasangan menipulatif (Foto: Heallive)

KETIKA Anda berada dalam suatu hubungan cinta, maka cukup sulit untuk mengidentifikasi kapan Anda dimanipulasi oleh pasangan Anda.

Sejatinya manipulasi adalah upaya untuk mendapatkan kendali, kekuasaan, atau pengaruh atas seseorang dengan cara yang menipu. Rasanya cukup berat untuk benar-benar percaya bahwa seseorang yang Anda cintai melakukan ini kepada Anda.

Hubungan manipulatif bisa sangat merusak dan membuat hubungan cinta berubah menjadi toxic. Sebelum hubungan makin toxic, seperti dilansir dari Pinkvilla, berikut ini cara menghadapi pasangan manipulatif.

 pasangan manipulatif

1. Dengarkan suara hati Anda

Sangat penting untuk mendengarkan suara hati Anda sendiri. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan perilaku pasangan Anda, seperti mengganggu, pasif, atau agresif, inilah saatnya untuk benar-benar memperhatikan dan menilai apakah ini hubungan yang tepat untuk Anda.

2. Tetapkan batasan yang jelas dalam hubungan

Ketika Anda memperhatikan bahwa pasangan Anda mencoba menyetir berbagai pilihan dan keputusan Anda, maka tetapkan batasan yang jelas. Jangan biarkan dia menyetir Anda dan membuatkan berbagai pilihan untuk Anda. Ingat, Anda adalah orang dewasa yang mampu berpikir dan bikin keputusan!

3. Jangan terjebak emosi

Ketika Anda memperhatikan bahwa pasangan Anda mencoba memanipulasi Anda secara emosional, maka observasi perilakunya. Jangan terbawa emosi dan pakailah logika Anda untuk meminimalkan kemungkinan terjebak dalam badai emosinya.

4. Jangan takut mengatakan tidak!

Jika pasangan Anda memaksakan nilai dan keyakinan mereka kepada Anda, sementara tidak selaras dengan nilai Anda sendiri, inilah saatnya untuk mengatakan tidak! Jangan pernah takut mengatakan tidak dan menolaknya.

5. Tinggalkan dia

Jika Anda masih bersama dia, dan dia terus-menerus memanipulasi Anda, bahkan saat Anda sudah menegurnya, mungkin saatnya Anda meninggalkannya. Ingat, sangat tidak baik untuk bertahan dalam suatu hubungan ketika Anda sedang dimanipulasi dan dilecehkan secara fisik atau emosional.

Anda layak untuk hidup sehat dan bahagia. Dan Anda wajib mencintai diri sendiri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini