4 Tips Cegah Jerawat Muncul di Kepala

Antara, Jurnalis · Minggu 08 Agustus 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 08 611 2452635 4-tips-cegah-jerawat-muncul-di-kepala-lYl63pMvmQ.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT di kulit kepala tentu saja mengganggu, apalagi ketika kita tengah merapikan rambut dan tidak sengaja terkena sisir. Ouch, pasti rasanya sakit dan kesal tuh.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kepala berjerawat, antara lain produksi minyak meningkat, penumpukan produk rambut atau kepekaan terhadap produk rambut dan infeksi bakteri atau jamur.

Jerawat di kulit kepala tampak seperti kemerahan, timbul lesi jerawat yang bisa muncul di kulit kepala dan garis rambut.

Menurut pakar dermatologi di Spectrum Dermatology, Brooke Grant Jeffy, seperti dikutip dari Insider, ada beberapa cara mencegah jerawat di kulit kepala yuk disimak.

Jerawat

Cuci rambut Anda secara teratur

Jerawat kulit kepala dapat dicegah dengan selalu mencuci rambut setelah setiap latihan dan setiap kali mulai terasa berminyak.

Gunakan produk perawatan rambut secara bijak

Minyak dari produk ini seperti semprotan rambut atau gel dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, jadi batasi penggunaannya atau pilih produk yang lebih lembut.

Sesuaikan diet Anda

Sebuah studi 2018 menunjukkan, konsumsi susu dikaitkan dengan jerawat. Jadi, membatasi produk susu terutama produk susu skim, meminimalkan asupan gula dan karbohidrat juga cenderung mengurangi kecenderungan jerawat secara keseluruhan.


Lakukan gaya hidup sehat

Tidur yang cukup, berolahraga untuk mengurangi stres berperan penting untuk mencegah perkembangan jerawat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini