Hari Kucing Sedunia, Kenali 6 fakta Unik Seputar Hewan Berbulu Ini

Bertold Ananda, Jurnalis · Minggu 08 Agustus 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 08 612 2452688 hari-kucing-sedunia-kenali-6-fakta-unik-seputar-hewan-berbulu-ini-C83q9i324B.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TANGGAL 8 Agustus memang diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia. Peringatan ini, pertama kali dicetuskan oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) dan beberapa kelompokan hak asasi hewan pada tahun 2002. 

Sampai saat ini tepat sudah 19 tahun lamanya perayaan tersebut tetap di adakan dengan baik dan sukacita. Hewan yang berkomunikasi dengan mengeluarkan suara 'meong' ini merupakan hewan yang paling banyak dipelihara masyarakat di rumah. 

Tidak hanya itu saja, banyak terdapat fakta-fakta menarik yang perlu Anda ketahui pada kucing kesayangan Anda. Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, mengenai menghadirkan beberapa fakta menarik tentang teman kucing kecil Anda :

Mereka tidak bisa merasakan manis

Fakta menyebutkan bahwa ternyata kucing tidak bisa merasakan manis loh. Menurut para ilmuwan, reseptor rasa utama di lidah kucing telah berubah seiring waktu karena mutasi. 

Sebab, mencegah spesies mencicipi apapun yang manis. Anda dapat mengetahui apakah kucing Anda suka manis atau tidak dengan menawarkan gula batu atau permen. Jangan kaget dan bingung jika kucing secara tiba-tiba menjauh dari Anda.

Kucing

Setiap kucing memiliki bentuk hidung yang berbeda dan unik

Fakta kedua menyebutkan bahwa setiap kucing memiliki bentuk dan pola tonjolan yang unik di hidungnya. Cara untuk melihat perbedaanya maka Anda melihat hidung kucing menggunakan kaca pembesar. 

Anda pasti akan terkejut melihat perbedaan beberapa pola di atasnya dan tidak ada dua kucing yang memiliki sidik hidung yang sama. Tidak percaya? Buktikan sendiri

Kucing menghabiskan tiga perempat masa hidupnya hanya untuk tidur

Fakta ketiga ini benar adanya. Anda tidak perlu khawatir jika Anda menemukan anak kucing peliharaan Anda menghabiskan waktu seharian hanya tidur saja. 

Ini bukan tanda penyakit atau kelemahan karena tubuh mereka melepaskan hormon pertumbuhan hanya ketika mereka tidur. Jika seekor kucing berusia 12 tahun, maka ia akan terjaga hanya selama empat tahun hidupnya.

Kucing betina pakai kaki kanan dan jantan kaki kiri

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Queen's University di Belfast, kucing memiliki preferensi cakar (kaki mana yang harus dikedepankan saat berjalan atau menggaruk, dll.) berdasarkan jenis kelaminnya. Para peneliti menemukan bahwa kucing betina menggunakan kaki kanan dan jantan kebanyakan menggunakan kaki kirinya.

Bukan rasanya tapi baunya yang membuat kucing memakan makanan

Fakta berikutnya menyatakan bahwa kucing sangat mengandalkan indra penciumannya terutama saat akan mengkonsumsi makanan. Hal itu disebabkan karena kucing tidak memiliki banyak reseptor rasa. 

Jadi, indera penciuman sangat vital bagi kucing. Menariknya, jika kucing mengalami infeksi saluran pernapasan, gejala pertama adalah kurang nafsu makan. Cara jitu untuk membuat kucing bergairah untuk memakan makanannya yaitu dengan cara memberi makanan yang beraroma. 

Hal itu bisa Anda lakukan dengan cara menghangatkannya sedikit supaya dapat meningkatkan aroma sehingga membuat kucing Anda kucing tertarik untuk memakannya

Mereka dapat membuat sekira 100 suara

Terdapat hal dan fakta menarik dari kucing kesayangan Anda bahwa hewan lucu itu dapat membuat hingga 100 suara vokal. Kita semua tahu tentang berbagai suara seperti mengeong, mendengkur, atau mendeguk yang bisa dibuat oleh kucing. 

Tapi tahukah Anda dengan teliti bahwa kucing mungkin telah mengembangkan nada suaranya untuk berkomunikasi dengan manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini