5 Kacang Terbaik yang Bisa Bangun Kekebalan Tubuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 06:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 298 2452811 5-kacang-terbaik-yang-bisa-bangun-kekebalan-tubuh-QrxfJhc7gl.jpg Ilustrasi jenis kacang peningkat kekebalan tubuh. (Foto: Amir Ali Ghorbankhani/Unsplash)

JIKA berbicara mengenai makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kacang merupakan salah satu asupan yang dapat diandalkan. Kacang bisa dimakan sebagai camilan di antara waktu makan atau ditambahkan ke hidangan pilihan Anda.

Kacang adalah pembangkit tenaga nutrisi. Setiap kacang yang Anda tambahkan ke dalam makanan memiliki beberapa nutrisi khusus yang membantu organ tubuh berfungsi lebih efisien. Jadi ketika memiliki tujuan kesehatan tertentu, Anda perlu membuat pilihan yang sesuai.

Guna membangun kekebalan, beberapa kacang lebih baik daripada yang lain. Dikutip dari laman Times of India, Senin (9/8/2021), mari simak kacang jenis apa saja yang harus menjadi bagian dari diet rutin Anda.

Baca juga: Makan Almond Lebih Baik Dikupas atau Tidak? 

1. Almond

Almond adalah kacang paling sehat dari semuanya. Kaya akan protein dan mineral penting menjadikan almond salah satu kacang yang paling direkomendasikan untuk anak-anak. Kacang yang renyah dan lezat ini sangat kaya akan vitamin E, antioksidan kuat yang melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Almond juga kaya akan zat besi yang penting untuk kesehatan kekebalan tubuh. Mengkonsumsi 5–6 almond yang direndam dan dikupas di pagi hari dapat meningkatkan kekebalan, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Kacang kenari.

2. Kenari

Populer dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, kenari sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat kacang pohon ini sebagian besar dikaitkan dengan adanya asam lemak Omega 3.

Nutrisi ini sangat anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Kenari meningkatkan kekebalan serta meningkatkan metabolisme. Selain itu, kenari juga bermanfaat menjaga kesehatan mata, otak, dan sperma.

Baca juga: Kenali 10 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Kacang Pistachio 

3. Kacang brasil

Sebagian besar manfaat kesehatan yang kuat dari kacang brasil adalah karena adanya selenium, elemen penting untuk berfungsinya tubuh Anda. Kacang brasil mengandung jumlah selenium tertinggi daripada kacang lainnya.

Setiap kacang mengandung sekira 96 mcg selenium dan beberapa varietas dapat memiliki sebanyak 400 mcg per kacang. Segenggam kacang brasil setiap hari dapat meningkatkan fungsi tiroid Anda, mengurangi peradangan dan melindungi jantung dan otak dari beberapa penyakit.

4. Kacang mete

Tinggi kandungan tembaga dan zat besi, kacang mete membantu tubuh Anda membuat lebih banyak sel darah merah dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Kacang mete juga merupakan pilihan camilan yang bagus untuk orang yang coba menurunkan berat badan karena membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak energi saat istirahat.

Kacang-kacangan ini adalah sumber penting magnesium, seng, dan antioksidan, beberapa nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam menjaga kita tetap sehat.

Kacang mete. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Mengenal Chickpea, Kacang Arab Penuh Nutrisi yang Baik untuk Tubuh 

5. Kacang pistasi

Kacang asin dan lezat ini memiliki segudang manfaat kesehatan berkat kandungan arginin dan vitamin B6 di dalamnya. Nutrisi ini meningkatkan aliran darah dengan membantu membawa oksigen melalui aliran darah ke sel.

Kacang ini juga meningkatkan kekebalan dan kesehatan sistem saraf. Selain itu, arginin dapat membantu pria mengatasi disfungsi ereksi dengan merangsang aliran darah dan Vitamin B6 dapat membantu mengelola gejala PMS pada wanita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini