Kemenkes: Pasien Covid-19 Isoman Harus Pakai Masker 24 Jam

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 481 2452889 kemenkes-pasien-covid-19-isoman-harus-pakai-masker-24-jam-NsFnmVZCXU.jpg Ilustrasi pasien covid-19 isoman memakai masker. (Foto: Freepik)

PERSEBARAN covid-19 terus terjadi di tengah masyarakat, terlebih lagi muncul varian delta yang menyebar lebih cepat dan mudah. Satu pasien varian delta diketahui dapat menyebarkan virus ke 6 hingga 8 orang sekaligus.

Itulah kenapa rekomendasi memakai masker untuk pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri menjadi sangat penting. Bahkan, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengimbau agar pasien covid-19 isoman mengenakan masker 24 jam.

Baca juga: 5 Desain Masker Terbaik di Olimpiade Tokyo 2020 

"Buat pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri harus pakai masker 24 jam, terlebih jika dalam satu rumah tinggal bersama anggota keluarga lain," terang Siti Nadia dalam webinar bertajuk 'Hoaks, Fakta, atau Sains?', Sabtu 7 Agustus 2021.

Masker. (Foto: User3802032/Freepik)

Penggunaan masker untuk anggota keluarga yang sehat namun di dalam rumahnya ada pasien covid-19 pun menjadi keharusan. "Jadi kalau satu rumah dengan pasien covid-19 yang sedang isoman, anggota keluarga juga harus pakai masker ya," tambahnya.

Baca juga: Ini Indikator Suatu Negara Bisa Disebut Bebas dari Pandemi Covid-19 

Bukan hanya masker, hal penting dalam menjalani isolasi mandiri bersama anggota keluarga lain yang sehat, pasien covid-19 juga mesti rutin membersihkan area yang sering dipegang, misalnya gagang pintu. Kemudian memastikan ventilasi udara terbuka sehingga sirkulasinya lancar.

"Lalu jangan lupa untuk makan yang bergizi, tidur yang cukup yaitu 6–7 jam, dan kurangi stres. Jadi, jangan tuh baca-baca informasi yang seram, apalagi bersifat hoaks," saran Siti Nadia.

Ia menambahkan, pasien covid-19 sebisa mungkin jangan "keluyuran" atau melakukan pergerakan di dalam rumah. Artinya, sebisa mungkin berada di ruangan khusus saja atau kalau mau berjemur bisa di halaman, namun apa pun yang dipegang harus segera dibersihkan dengan disinfektan.

Baca juga: Ini Diet yang Tepat untuk Ibu Menyusui 

"Kalau keluar ruangan isolasi, pastikan masker terpakai dengan benar. Alat makan juga jangan dipakai bersama ya," ungkap Siti Nadia.

"Kalau di rumahnya ada orang yang berisiko tinggi seperti penderita penyakit serius atau lansia, ada baiknya cari fasilitas untuk jalani isolasi terpusat," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini