Isolasi Mandiri, Konsumsi 5 Herbal Ini Bantu Tingkatkan Imunitas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 481 2453174 isolasi-mandiri-konsumsi-5-herbal-ini-bantu-tingkatkan-imunitas-LOygVys36W.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 di Tanah Air belum berakhir, perkembangan kasus terkonfirmasi positif harian di Indonesia masih belum stabil. Banyak masyarakat yang terpaksa melakukan isolasi mandiri karena fasilitas kesehatan tidak memadai. Tentunya selama masa isolasi mandiri, menjaga daya tahan tubuh wajib dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi herbal.

Sebagaimana diketahui herbal adalah salah satu cara tradisional yang dinilai aman dan efektif untuk membantu memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Tentunya beberapa kandungan tersebut bisa membantu proses pemulihan pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah, agar cepat pulih dari penyakitnya.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, M.Si, menjelaskan, selain menjalankan protokol kesehatan 5M secara ketat, masyarakat juga harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi Covid-19. Salah satu upaya untuk memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi dengan konsumsi herbal.

Herbal

“Sejumlah herbal seperti meniran, daun kelor, kunyit, habbatussauda (jintan hitam), dan jahe, terbukti memiliki kandungan zat aktif yang berkhasiat mempercepat pembentukan sel imun dan meningkatkan kerja sel imun dalam tubuh,” terang dr. Inggrid, dalam siaran pers yang diterima MNC Portal, Senin (9/8/2021).

Baca Juga : Varian Covid-19 Meresahkan, Konsumsi 3 Herbal Ini Bantu Jaga Imunitas

Sebagaimana diketahui habbatussauda, mengandung thymoquinone dari jintan hitam yang berkhasiat membentuk dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara meniran dan jahe dipercaya efektif membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengatasi masuk angin.

Selain itu, kojima adalah madu habbatussauda, yang merupakan kombinasi kurma, jintan hitam (habbatussauda) dan madu yang baik untuk memelihara imunitas dan melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

“Kementerian Kesehatan RI melalui surat edaran No. HK.02.02/IV/2243/2020 menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan tanaman obat untuk memelihara kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan termasuk pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat atau bencana nasional Covid-19,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini