Tidur Sebelum Jam 11 Malam Bantu Tingkatkan Imunitas Loh

Antara, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 612 2452788 tidur-sebelum-jam-11-malam-bantu-tingkatkan-imunitas-loh-GiQMtYB3pS.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA imunitas di tengah Pandemi Covid-19 ini memang menjadi pertahanan terakhir dari tubuh kita. Pasalnya, setelah terinfeksi virus Covid-19, maka yang dapat melawan hanyalah imunitas tubuh.

Oleh karena itu, banyak orang mencoba meningkatkan imunitas mereka baik dengan berjemur, berolahraga ataupun mengonsumsi vitamin dan suplemen.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Prikasih, dr. Gia Pratama mengatakan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem imun umum, salah satunya tidur yang cukup. Tidur yang cukup di sini berarti 6-7 jam per hari. Usahakanlah tidur sebelum jam 23.00 dan bangun sebelum pukul 05.00.

"Tidur sebelum jam 11 malam itu untuk detoksifikasi. Bangun sebelum jam 5 memancing nitrit yang membuat pembuluh darah elastis," kata dia.

Tidur

Kedua, lakukan olahraga 150 menit per minggu yang bisa dibagi menjadi 30 menit per 5 hari. Olahraga yang dimaksud benar-benar untuk meningkatkan denyut jantung semisal berjalan, berlari atau berenang, bukannya menyapu atau mengepel lantai sesuka hati yang sebenarnya masuk dalam kategori aktivitas fisik.

Ketiga, penuhi asupan nutrisi baik itu makro dan mikro. Asupan makronutrisi mencakup tiga hal penting yakni karbohidrat, protein dan lemak sehat.

Umumnya, orang membutuhkan karbohidrat sebanyak 45-65 persen dari total kalori yang didapatkan setiap harinya, protein sebanyak 1 gram per kg berat badan yang artinya seorang pria dengan berat badan 60 kg membutuhkan 60 gram protein per hari.

Sementara untuk lemak sehat yang salah satunya bisa didapatkan dari buah alpukat umumnya dibutuhkan sekitar 20 persen dari kebutuhan kalori Anda. Lemak ini membantu penyerapan vitamin A,D,E dan K.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini