Main Games Bisa Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 612 2452925 main-games-bisa-jaga-kesehatan-mental-selama-pandemi-YQir5GGvch.jpeg Ilustrasi. (Foto: Parents)

MAIN games kini telah menjadi hobi banyak kalangan. Siapa sangka bermain games bisa meningkatkan kesehatan mental loh.

Survei yang dilakukan oleh salah satu organisasi gamers Indonesia menyebutkan, tak hanya orang dewasa yang suma main games, tapi juga anak-anak. Anak di bawah 18 tahun dan dewasa 19-29 tahun paling banyak mengakses games.

Michael Wijaya dari EVOS Esport mengungkapkan, tak heran jika selama pandemi ini jumlah gamers naik pesat di Indonesia. Mereka memilih main games daripada kegiatan lain karena mengasyikkan.

 Main games

"Tapi orangtua harus mengontrol kapan main games dan belajar. Main games juga mendatangkan sisi positif bagi anak," katanya saat webinar bersama Visa Mandiri, baru-baru ini.

Mike menyebutkan, dalam tiga tahun belakangan, banyak orang hobi main games. Karena internet mudah diakses, juga fasilitas gadget mumpuni.

Sementara itu, dari hasil studi peneliti Oxford menyebutkan, main games bisa berperan meningkatkan kesehatan mental para pemainnya. Studi ini dilakukan karena makin banyak orang diam di rumah dampak pandemi Covid-19.

Para ahli di Oxford Internet Institute mengatakan menemukan jumlah waktu yang sebenarnya dihabiskan untuk bermain adalah faktor positif yang kecil tetapi signifikan dalam kesejahteraan manusia.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa video game tidak selalu buruk untuk kesehatan Anda. Ada faktor psikologis lain yang memiliki pengaruh signifikan pada kesejahteraan seseorang," ungkap Andrew Przybylski, direktur penelitian institut tersebut, seperti dikutip dari Medical Xpress.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini