5 Hewan Ini Punah Akibat Ulah Manusia, Salah Satunya dari Indonesia!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 612 2453166 5-hewan-ini-punah-akibat-ulah-manusia-salah-satunya-dari-indonesia-WgeWMBclqI.jpg Harimau Jawa (Foto : Factofindonesia)

DUNIA memiliki banyak sekali jenis makhluk hidup. Sayangnya, beberapa dari mereka kini telah dinyatakan punah akibat perkembangan zaman. Tak hanya dinosaurus, namun ada beberapa spesies hewan lain yang juga punah akibat alam maupun tangan jahil dari manusia.

Merangkum dari Top Tenz, berikut lima hewan punah yang selain dinosaurus, Senin (9/8/2021): 

1. Thylacine

Thylacine

Thylacine atau biasa disebut sebagai macan Tasmania ini merupakan hewan marsupial karnivora yang berukuran sebesar anjing doberman. Hewan ini tidak mengenal rasa takut dan memiliki kekuatan rahang yang sangat luar biasa.

Dengan segala macam kelebihannya, hewan ini membuat takut masyarakat Australia pada zaman itu, sehingga banyak orang yang memberikan hadiah bagi siapa saja yang berhasil memburu kepala thylacine. Thylacine terakhir di dunia mati di Kebun Binatang Hobart pada 1930.

Baca Juga : Lebih dari 500 Spesies Hewan Terancam Punah pada Abad Ini

2. Guadalupe Caracara

Guadalupe Caracara

Guadalupe caracara adalah burung asli Meksiko dan merupakan salah satu burung predator tercantik yang pernah ada. Burung ini memiliki karakter yang cepat, gesit, dan kuat serta menjadi predator pemuncak dalam rantai makanan, bahkan bisa memangsa seekor kambing.

Alhasil banyak pengembala kambing setempat yang tidak menyukai caracara dan mulai memburunya. Bahkan pengembala meminta pemerintah untuk membantu menyingkirkannya. Akibat perburuan tersebut, populasi caracara di wilayah tersebut menurun drastis. Selain itu kambing juga menjadi semakin liar dan merusak rumah populasi caracara hingga punah.

3. Harimau Jawa

Harimau Jawa

Harimau Jawa adalah spesies harimau yang telah dinyatakan punah dari muka bumi ini. Beberapa sumber menyatakan bahwa pemerintah pulau Jawa kurang baik dalam menangani konservasi hewan eksotis ini sehingga menyebabkan kepunahan harimau Jawa dan salah satu spesies badak mereka yang juga nyaris punah.

Baca Juga : Satwa Punah, Kerangka Diduga Milik Harimau Jawa Ditemukan di Malang

Banyak orang yang memburu harimau Jawa dan membunuhnya. Manusia juga merusak habitat asli hewan ini hingga mereka resmi dinyatakan punah.

4. Badak hitam Afrika

Badak Hitam Afrika

Badak hitam Afrika adalah salah satu dari beberapa subspesies badak yang telah punah. Badak ini terkenal dengan tanduk tajamnya yang berukuran besar. Binatang ini bisa sangat terprovokasi apabila diganggu, meskipun mereka tidak memakan daging.

Hewan ini punah akibat sering diburu untuk diambil culanya. Para pemburu biasanya menggunakan helikopter dan secara licik menembak badak-badak dengan senapan. Diprediksi badak putih utara dan badak Jawa kemungkinan juga akan punah apabila tidak dikonservasi dengan baik.

5. Great Auk

Great Auk

Hewan ini bentuknya menyerupai pinguin. Hewan ini memiliki tinggi hampir satu meter dan hidup di suhu dingin pada bagian utara bumi. Kebanyakan dari Auk dibunuh untuk dijadikan makanan, serta diambil lemak dan bulunya.

Sebagian orang ingin mendapatkan penguin besar tersebut untuk memperoleh piala kemenangan. Selain itu para auk ini juga diburu untuk dijadikan binatang untuk koleksi pribadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini