Temani Anak Belajar, Jangan Lelah Ya Dengarkan Keluhannya

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 612 2453238 temani-anak-belajar-jangan-lelah-ya-dengarkan-keluhannya-jcI0ez9AkM.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BELAJAR di rumah membuat anak mudah jenuh. Terlebih jika mereka harus mendapatkan materi pelajaran yang membosankan dan sulit.

Seorang ibu pun bisa stres jika menghadapi anaknya malas belajar. Belum lagi kalau ibu terlalu sibuk bekerja dengan beban yang lumayan berat.

Bisa-bisa selama belajar online, anak dapat nilai jelek karena tak menguasai materi. Akibatnya, anak pun kurang termotivasi untuk belajar.

Dikatakan Abhay Saboo dari CoLearn, masalah ini sering dihadapi ibu bekerja di masa pandemi. Memang ada mata pelajaran yang dianggap sulit bagi anak untuk memecahkan dan memahami satu materi.

 belajar

"Memperkuat fondasi di mata pelajaran yang akan sangat diperlukan di masa depan. Sebisa mungkin para murid bisa menghilangkan rasa ketakutan terhadap mapel yang susah," kata Abhay Saboo lewat keterangannya.

Namun demikian, orangtua harus memutar otak agar anak tak malas belajar. Apalagi kalau ada beberapa mata pelajaran yang dianggap rumit, seperti Matematika, Fisika dan Kimia.

Bahkan diakui Psikolog Anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, sangat wajar jika anak bosan belajar di rumah. Orangtua pun pasti sudah jenuh dengan situasi ini.

"Tetapi ketika anak mengeluh, jangan dicela, dengarkan terlebih dahulu, kemudian beri pengertian," tuturnya.

Vera juga mengatakan, jika anak-anak mengalami kebosanan mereka ini juga perlu dimotivasi dan diberi pemahaman tentang situasi yang dihadapi. Pandemi pun belum berakhir, maka buatlah suasana menyenangkan di rumah.

Misalnya untuk teman belajar, saat ini Anda dimudahkan dengan banyaknya aplikasi panduan belajar yang seru dan menyenangkan. Cara penyampaiannya pun menyenangkan dan mudah dipahami.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini