Share

5 Dampak Berada dalam Toxic Relationship Menurut Pakar

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 612 2453243 5-dampak-berada-dalam-toxic-relationship-menurut-pakar-WHhtaBqv8P.jpg Sangat sedih (Foto: Pinterest)

MENURUT pakar komunikasi dan psikologi Amerika Dr. Lillian Glass, hubungan beracun atau toxic relationship dapat didefinisikan sebagai hubungan apa pun antara orang-orang yang tidak saling mendukung.

"Hubungan di mana ada konflik dan yang satu berusaha melemahkan yang lain, di mana ada persaingan, di mana ada rasa tidak hormat, dan kurangnya kekompakan," ujar Lillian seperti dikutip Times of India.

Gejala umum berada dalam hubungan beracun termasuk kurangnya dukungan, kecemburuan, kebencian, perilaku mengendalikan, ketidakjujuran, pola tidak hormat, dll. Berada dalam hubungan beracun yang berkepanjangan juga berdampak pada kesehatan mental maupun fisik.

Berikut dampak yang akan terlihat jika Anda terlalu lama berada dalam toxic relationship menurut pakar.

 sedih punya pasangan toxic

1. Anda merasa lemas dan mudah lapar

Tidak peduli seberapa banyak Anda memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, Anda selalu merasa kelaparan dan kekurangan energi. Ini karena toksisitas yang merupakan bagian dari hidup Anda.

Hal-hal negatif yang menyertainya memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Itu menyedot semua energi Anda, membuat Anda merasa terkuras.

2. Perilaku Anda dimotivasi oleh rasa takut, marah, atau bersalah

Perilaku atau reaksi Anda terhadap berbagai hal dan situasi selalu dipandu oleh rasa bersalah, ketakutan, atau kemarahan ketika Anda berada dalam hubungan yang beracun.

Kemampuan Anda untuk membuat keputusan benar-benar berkurang oleh kemarahan Anda, dan Anda sering kali membuat keputusan yang salah. Ini membuat Anda meragukan diri sendiri dan kemampuan Anda.

3. Kebutuhan dan perasaan Anda diabaikan

Dalam hubungan yang beracun, Anda terus-menerus merasa diremehkan dan tidak dihargai. Karena pasangan Anda mengabaikan Anda. Selain itu, Anda menjadi percaya bahwa tidak ada orang yang mengerti perasaan Anda. Hal ini menyebabkan Anda merasa sedih dan diabaikan.

4. Anda selalu takut mengecewakan pasangan

Karena pasangan beracun Anda memiliki begitu banyak kendali atas pikiran dan tindakan Anda, Anda selalu berusaha untuk mematuhi apa yang mereka katakan dan ingin Anda lakukan. Dan jika Anda gagal melakukannya, perasaan bersalah menguasai Anda.

Juga, rasa takut selalu mengintai di hati Anda dan Anda takut mengecewakan pasangan Anda. Ini karena membesar-besarkan masalah kecil merupakan keahlian mereka yang utama.

5. Anda sering merasa dimanfaatkan, dieksploitasi, atau tidak dihargai

Kapan pun pasangan beracun Anda membutuhkan cinta dan dukungan Anda, mereka datang merangkak ke arah Anda. Tetapi ketika Anda mengharapkan hal yang sama dari mereka, mereka menarik diri sepenuhnya.

Ini membuat Anda merasa dimanfaatkan dan dieksploitasi. Juga, ini membuktikan bahwa mereka tidak menghargai emosi Anda sama sekali dan benar-benar egois.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini