Kisah Tantri Kotak Tidak Kapok Bisnis Kuliner meski Pernah Gagal

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 298 2453419 kisah-tantri-kotak-tidak-kapok-bisnis-kuliner-meski-pernah-gagal-mZhOjPQc8s.jpg Tantri Kotak. (Foto: Instagram @tantrisyalindri)

TANTRI Kotak menyatakan tidak kapok berbisnis kuliner meskipun pernah mengalami kegagalan. Diketahui ia sebelumnya mendirikan bisnis kuliner Bunda Rocker bersama sang adik. Namun karena adiknya sudah mulai sibuk bekerja, ditambah berbagai faktor lainnya, usaha kuliner yang dirintis tersebut harus berhenti sejak awal tahun ini.

Meski sempat gagal, Tantri Kotak tidak menyerah. Baru-baru ini pelantun hits 'Pelan-Pelan Saja' dan 'Tendangan dari Langit' tersebut berkolaborasi meluncurkan produk kuliner terbarunya yakni meal kit cepat saji dengan menu nasi jeruk yang menjadi salah satu andalannya.

Baca juga: PPKM Level 4, Tantri Kotak Justru Terinspirasi Buka Bisnis Kuliner Meal Kit 

"Ini basic-nya kan online, sejujurnya dengan metode online itu membantu jualan produk kita ke seluruh Indonesia. Dipersiapkan packaging-nya. Nah, packaging-nya sudah worth dijual ke seluruh Indonesia," cerita Tantri Kotak saat dihubungi MNC Portal, Senin 9 Agustus 2021.

Tantri Kotak. (Foto: Instagram @tantrisyalindri)

Ia menilai berbisnis dengan metode online di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 seperti sekarang secara teknis lebih mudah. Alasannya, kecanggihan teknologi dan media sosial tidak menguras banyak modal serta menjangkau konsumen yang jauh lebih luas.

"Kolaborasi ini sejujurnya manajemennya sudah jalan, jadi aku hanya mencetuskan ide menu mem-branding nasi jeruk itu yang Tantri Kotak banget. Secara modal, enggak modal yang cukup besar. Untungnya sebenarnya bisa menjangkau pasar lebih luas, memanfaatkan social media untuk promosikan produk apa yang kita jual. Sejauh ini sih dipermudah lewat social media," tutur Tantri Kotak.

Baca juga: Tantri Kotak Makin Sedih, Arda Naff Positif Covid-19 

Banyak Pasang Surutnya

Pernah gagal hingga tidak meneruskan salah satu unit usaha kulinernya, Tantri Kotak tetap tidak menyerah kembali berbisnis di dunia makanan. Ia mengaku usaha bisnis kuliner memang banyak mengalami naik-turun dan bukan tipe usaha yang bisnisnya bisa langsung cepat besar atau meledak.

"Aku pribadi merasa banyak pasang surutnya. Kuncinya ketekunan dan ketelatenan sama bisnis yang lagi dijalanin. Beda sama nyanyi yang memang kan background skill aku di situ. Nah, kalau kuliner enggak bisa semata-mata kita punya nama besar terus bikin produk yang memang dalam jangka waktu 2 hingga 3 bulan langsung terkenal," ungkap Tantri.

Menjadi entrepreneur di bidang usaha bisnis kuliner, membuat ibu dua anak ini menyadari kalau bisnis kuliner memang butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa menghasilkan produk yang enak dan bisa diterima masyarakat dengan baik.

"Bisnis kuliner harus bertahun-tahun mengulik banget, plus minusnya apa, terus setelah itu menciptakan karya makanan dan bisa dinikmati setiap orang. Terima saran dan kritik dari banyak orang itu juga penting. Mau bisnis apa pun sebetulnya harus telaten dan belajar sedetail mungkin. Belajar dari segala sesuatu yang sudah dilewati, itu penting banget," jelas Tantri panjang lebar.

Baca juga: Rayakan Ultah ke-32, Tantri Kotak Tak Bisa Rasakan Hangatnya Pelukan Arda Naff 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini