Viral Dua Lipa Makan Pastel, Yuk Bikin Mumpung Besok Libur

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 298 2453836 viral-dua-lipa-makan-pastel-yuk-bikin-mumpung-besok-libur-A2hUX3Nt5N.jpg Pastel. (Foto: Instagram)

MAKANAN Indonesia memang banyak diminati oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Salah satu makanan yang diakui paling enak adalah rendang.

Tapi, beberapa hari lalu netizen Indonesia cukup dihebohkan aksi Dua Lipa yang mencicipi pastel, gorengan khas nusantara. Pelantun One Kiss itu membagikan momen menyantap pastel lewat Insta storynya.

Makanan tersebut berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Pada sisinya dilipat kecil-kecil sehingga terlihat seperti keangan. Memang, banyak juga yang mengatakan bahwa makanan tersebut adalah empanada yang berasal dari Spanyol dan Portugal. Itu karena dalam sejarahnya, pastel memang diadaptasi dari empanada.

Umumnya pastel khas Indonesia diisi dengan wortel, kentang, suun dan telur. Namun, kini banyak dikreasikan menjadi lebih kekinian dengan isian daging cincang. Pastel sendiri sangat beragam, ada pastel basah dan kering. Untuk membuatnya ternyata cukup mudah. Kamu juga bisa berkreasi membuat pastel ini sesuai bahan yang tersedia di rumah.

Penasaran bagaimana cara mengolahnya? Berikut resep pastel yang gurih dan renyah, seperti dinukil dari akun Instagram @resepcemilan.

Pastel

Bahan-Bahan:

- 500 gram tepung terigu

- 4 sdm mentega

- 2 butir telur ayam dikocok

- Air secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

Bahan Isian:

- 4 kentang dipotong dadu kecil

- 7 wortel dipotong dadu kecil

- 5 tangkai seledri dicincang

- Garam secukupnya

- 5 bawang putih dicincang halus

- ΒΌ sdt merica bubuk

- 2 bawang pre diiris tipis

- Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Isian Pastel: Tumis semua bumbu hingga harum. Kemudian masukkan potongan wortel dan kentang aduk sebentar. Tuangkan air, masak sampai mendidih, baru bubuhkan garam dan merica secukupnya. Masak sampai matang dan air menyusut. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

2. Kulit pastel: Uleni terigu, mentega, air, dan telur sampai adonan bisa dibentuk. Diamkan beberapa saat.

3. Ambil adonan sedikit, gilas adonan sampai tipis, dicetak bentuk lingkaran, isikan dengan adonan isi, rekatkan di bagian sisi-sisinya.

4. Goreng dengan api sedang. Apabila sudah matang sampai kuning keemasan segera angkat dan tiriskan. Pastel siap disajikan.

Selamat mencoba.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini