Mantan Menkominfo Rudiantara Berbagi Tips Menjaga Imunitas: Konsumsi Suplemen Alami

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 481 2453827 mantan-menkominfo-rudiantara-berbagi-tips-menjaga-imunitas-konsumsi-suplemen-alami-c0dvl5w9DV.jpg Rudiantara. (Foto: Okezone)

MASA pandemi Covid-19, membuat mantan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara ekstra dalam menjaga kesehatan. Dia berbagi tips singkat jaga kesehatan yang cukup mudah dilakukan.

Di usia ke-62 tahun, menjadi tantangan bagi Rudiantara untuk tetap aktif di masa pandemi. Namun di masa ini Rudiantara selalu berusaha melakukan aktivitas seperti biasanya.

Rudiantara saat keluar rumah juga mengaku saat taat menjaga protokol kesehatan Covid-19. Ia juga mengingatkan masyarakat agar selalu pakai masker, mencuci tangan juga menjaga jarak.

rudiantara

"Dalam situasi pandemi ini, saya merasa jadi lebih punya gaya hidup yang lebih sehat. Protokol kesehatan juga tak pernah abai," kata Rudiantara saat berbincang bersama via Zoom.

Kunci sehat Rudiantara untuk menjaga imunitas adalah menjaga pola makan dan mengonsumsi suplemen loh. Menurutnya, suplemen bisa membantu menyeimbangkan nutrisinya di usianya sekarang.

Rudiantara juga bersama Ilmuwan Armenia Prof Babikian dan mantan Mendes Eko Putro Sandjojo, bahkan sedang menguji coba salah satu suplemen alami dari tanaman obat. Mereka melakukan uji klinis yang disebut Rhea Health Tone di Wisma Atlet dan RSUP Dr Hasan Sadikin.

Tanaman obat ini berupa bunga kacapiring, minyak mur, kemenyan India, adas, juga wortel liar. Masing-masing mengandung antivirus, antibakteri hingga antiperadangan.

Rudiantara merasa cocok mengonsumsi minyak esensial hasil ekstraksi dari tanaman obat alami ini. Ia mengatakan selalu mengonsumsinya 1-2 kali sehari.

"Kalau saya mengonsumsi suplemen ini merasa terbantu menjaga kesehatan dari luar. Kalau dari dalam sendiri caranya yaitu jaga makan," katanya.

Selain itu, Rudiantara juga punya cara untuk membahagiakan diri di masa pandemi. Dia selalu menyukai kegiatan outdoor untuk mengusir rasa bosan.

"Olahraga iya, tapi sukanya outdoor, yaitu tiap Minggu saya jalan di sawah di kampung," ujar pria kelahiran Bogor ini.

Tapi selama PPKM ini, Rudiantara mengurangi untuk pergi jalan-jalan. Hanya saja dia melepas penat dengan cara belanja ke supermarket.

"Karena PPKM enggak bisa kemana-mana, saya suka ke supermarket berbelanja, tapi ya tetap jaga jarak," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini