Apa Sih yang Buat Indonesia Kesulitan Kembangkan Vaksin Covid-19?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 612 2453669 apa-sih-yang-buat-indonesia-kesulitan-kembangkan-vaksin-covid-19-0YdYeVmzCk.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

SALAH satu kesulitan Indonesia dalam mensukseskan program vaksinasi adalah lantaran vaksin masih harus diimpor. Adapun vaksin yang hendak dibuat oleh Indonesia adalah Vaksin Nusantara yang tengah digagas oleh dokter Terawan ataupun vaksin Merah Putih.

Sejauh ini pengolahan vaksin Covid-19, contohnya untuk vaksin Sinovac dilakukan Indonesia masih dengan menggantungkan supply dari China. Lalu apakah ini artinya sektor bio teknologi dalam negeri khususnya terkait bidang kesehatan memang masih sangat kurang?

Disebut oleh Ketua IPSBI, Dr. ret. nat. Sulistyo Emantoko sebetulnya terkait pengembangan sumber daya, terutama sumber daya manusia dalam bidang bio teknologi kesehatan dalam negeri tidaklah kalah saing.

"Kalau kita lihat dari segi penelitian yang ada, kita bisa lihat yang dihasilkan di bidang bio teknologi kesehatan itu sudah banyak. Misalnya teknologi DNA, vaksin, pengembangan penelitian penyakit-penyakit tertentu itu kita sudah banyak penelitiannya," ujar Dr. Sulistyo Emantoko saat gelaran launching Pfizer Biotech Fellowship, Selasa (10/8/2021).

Namun, Dr. Emantoko tak menampik para peneliti yang sudah ada tersebut kurang terlibat langsung masalah nyata di lapangan. Menurutnya, nantinya peneliti-peneliti bisa bergabung dalam industri yang punya masalah real di lapangan, terhubung dengan bio teknologi kesehatan.

"Pengetahuan teorinya sudah luas, tinggal tahu soal masalah realnya, jadi kita bisa kembangkan solusi realnya. Untuk generasi muda, seperti di kampus-kampus itu ada program magang industri. Nah dengan ini harapannya mereka jadi tau masalah real soal bio teknologi kesehatan itu kayak apa,” pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini