Mau Mengolah Susu Jadi Makanan Anak, Baca Ini Dulu Bunda!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 298 2454113 mau-mengolah-susu-jadi-makanan-anak-baca-ini-dulu-bunda-66VQCPLPEU.jpg Susu beruang (Foto: Good house keeping)

SUSU merupakan salah satu sumber makanan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Ternyata susu juga bisa diolah menjadi salah satu bahan makanan anak.

Mengolah susu menjadi salah satu bahan makanan anak, bukan hanya baik dari segi kandungan gizi dan pemenuhan nutrisi makro dan nutrisi mikro. Tapi juga bisa membuat anak lebih tertarik, karena makanan jadi lebih menarik secara rasa dan juga konsistensinya, karena susu membuat tekstur makanan menjadi creamy.

 susu

Tapi sebelum mengolah susu menjadi bahan makanan anak, para orang tua harus mengetahui dulu aturan atau pakem saat proses pengolahan. Hal ini bertujuan agar kandungan gizi atau nutrisinya tidak rusak atau hilang.

Disebutkan dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritional, dalam mengolah susu menjadi bahan makanan untuk dimakan oleh anak, orangtua harus memperhatikan proses memasaknya. Contohnya kandungan prebiotik, yang ternyata tak boleh dimasak mendidih.

“Metode memasaknya diperhatikan, kayak kandungan prebiotik itu tidak dianjurkan dimasak mendidih. Ini malah bisa membuat prebiotiknya terganggu,” kata dr. Muliaman Mansyur belum lama ini.

Selain cara memasaknya, dr. Muliaman juga mengingatkan untuk susu dengan vitamin C juga tak boleh terkena suhu panas yang tinggi.

“Untuk vitamin C, jangan sampai terkena pemanasan yang terlalu tinggi. Itu nanti vitaminnya malah akan terurai lalu warnanya jadi kuning,” tambahnya.

Kepada para orang tua, dr. Muliaman menegaskan bahwa asupan makanan dan minuman anak sangat penting diperhatikan agar kesehatan saluran pencernaan anak tetap sehat.

“Kesehatan saluran cerna pada anak ini sangat penting sekali untuk dijaga. Kesehatan pencernaan anak itu sangat berpengaruh pada kesehatan anak di keseluruhannya, anak itu sehat atau enggak bisa dilihat dari kesehatan pencernaannya,” pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini