4 Latihan Yoga untuk Atasi Kelelahan Mental Selama Pandemi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 481 2453975 4-latihan-yoga-untuk-atasi-kelelahan-mental-selama-pandemi-aNKjXWPKKC.jpg Pose Hatha Yoga (Foto : Yoga Practice)

JIKA Anda sering merasa letih, kewalahan, dan terkuras secara emosional, Anda mungkin menderita kelelahan mental. Jika dibiarkan, stres terus-menerus seperti ini dapat menyebabkan kelelahan.

Karena tidak hanya tingkat motivasi, produktivitas, dan kinerja kita yang akan menurun; bahkan gejala kita akan lebih bersifat fisik, seperti sakit kepala, mual, atau masalah pencernaan.

Oleh karena itu, makan makanan yang sehat, manajemen waktu yang lebih baik, istirahat teratur, olahraga teratur, dan yoga penting untuk kebugaran mental. Secara khusus, yoga memberikan penyeimbang yang sempurna untuk semua aktivitas yang membuat kita lelah. Karena kelelahan mental seringkali merupakan akibat dari terlalu banyak hal yang terjadi dalam hidup kita, ini bisa berarti terlalu banyak tanggung jawab, panggilan, rapat, gangguan, interupsi, tuntutan, dan sebagainya.

Karenanya, dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Femina India pada Rabu (11/8/2021), berikut adalah beberapa teknik yoga yang direkomendasikan oleh Namita Piparaiya, Yoga and Ayurveda Lifestyle Specialist, Founder – Yoganama yang dapat dengan mudah Anda sertakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengelola stres dan menjadi sehat secara mental.

Yoga Nidra

Yoga

Ini adalah latihan meditasi terpadu yang Anda lakukan di Shavasana. Dalam latihan ini, Anda tidak tidur, tetapi Anda mempertahankan kesadaran Anda tentang keadaan antara terjaga dan tertidur.

Oleh karena itu, Yoga Nidra seperti tidur hanya dengan sedikit kesadaran. Anda tidak sepenuhnya terjaga atau sepenuhnya tertidur. Ini adalah latihan meditasi, tetapi Anda juga dapat berlatih pada waktu tidur untuk menikmati tidur yang lebih nyenyak.

Baca Juga : Pose Acroyoga Inul Daratista Bikin Takjub, Netizen: Indah Dipandang Bun!

Hatha Yoga

Yoga

Yoga dengan tempo sedang, dipraktikkan dengan kesadaran napas, memiliki efek yang sangat menyeimbangkan pada sistem saraf. Untuk benar-benar menggunakan yoga untuk melawan tekanan kita sehari-hari, kita harus berlatih dengan semangat non-kompetitif. Tujuannya adalah untuk tetap terhubung dengan napas saat kita bergerak melalui postur dengan intensitas yang berbeda-beda.

Pranayama

Yoga

Napas kita langsung terhubung ke sistem saraf. Dengan bernapas dengan cara tertentu, kita dapat menciptakan berbagai reaksi di dalam tubuh. Misalnya, pernafasan memiliki efek yang sangat menenangkan karena mengaktifkan respon relaksasi di otak kita.

Ini bekerja seperti saklar yang memberi tahu otak untuk masuk ke mode 'istirahat dan pemulihan'. Ini bagus karena sebagian besar waktu, tubuh kita berada dalam keadaan stres dan overdrive yang sangat berlawanan. Oleh karena itu, kerjakan latihan pranayama yang melibatkan peningkatan panjang pernafasan Anda.

Meditasi Mindfulness

Yoga

Bentuk meditasi ini sederhana, mudah diakses, dan sangat efektif. Terinspirasi oleh praktik Buddhis, dalam meditasi ini, tujuannya adalah untuk menahan perhatian Anda pada saat ini. Untuk tidak berpikir tentang masa lalu atau masa depan, tetapi berada di masa sekarang.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan fokus pada aliran napas kita. Dengan mengamati proses pernapasan, kita dapat menikmati beberapa saat menjadi penuh perhatian pada saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini