Tips Jadi Orangtua Cerdas saat Dampingi Anak Belajar Daring

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 612 2454193 tips-jadi-orangtua-cerdas-saat-dampingi-anak-belajar-daring-Rb2mui0D8j.jpg Belajar daring (Foto: Shutterstock)

BANYAK orangtua yang merasakan berbagai masalah saat anak-anaknya belajar daring. Misalnya saja seperti belajar memahami proses baru, memastikan koneksi internet yang lancar, manajemen waktu, bahkan belajar menggunakan laptop.

Oleh karena itu orangtua pun harus beradaptasi dan memastikan hal yang disiapkan sudah sesuai dengan kebutuhan anak.

Berikut ini tips agar Anda bisa menjadi orangtua cerdas saat mendampingi anak belajar daring seperti dikutip dari Antara.

 belajar daring

1. Ciptakan ruang belajar sendiri

Memberikan anak ruangan khusus untuk belajar dapat membantu sang anak untuk fokus dan tidak terganggu dengan hal-hal lain. Pastikan ruangan tersebut rapi, tidak berisik, dan cukup terang.

Tanyakan kepada anak apa yang ia inginkan di ruang belajar nya sehingga sang anak lebih betah di ruangan belajarnya.

2. Siapkan jadwal

Menciptakan jadwal akan membantu menciptakan sifat disiplin. Sesuaikan jadwal secara spesifik (terutama jika Anda punya anak lebih dari satu ya!) setelah menilai ritme dan cara belajar masing-masing anak. Ajak mereka untuk memberikan pendapat untuk semakin meningkatkan keberanian mereka mengungkapkan pendapat.

Saat anak sudah disiplin mengikuti jadwal secara teratur, Anda bisa menjadi lebih tenang dan bahkan bisa tidak selalu berada di samping anak.

3. Pilih perangkat dengan fitur pendukung

Hal penting untuk menunjang kegiatan belajar anak adalah perangkat yang tepat dengan fitur-fitur yang bisa mendukung Anda. Coba beri aplikasi yang cocok untuk membantunya belajar.

4. Kontak guru untuk bertukar pikiran

Karena kondisi jarak jauh ini, Anda harus memiliki hubungan yang lebih erat dengan wali kelas sang anak. Hubungi guru untuk berdiskusi tentang apa yang Anda hadapi dan saling bertukar pikiran untuk memastikan pembelajaran anak tetap efektif.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini