Menilik Kiprah 50 Tahun Desainer Harry Darsono Berkarya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 194 2454710 menilik-kiprah-50-tahun-desainer-harry-darsono-berkarya-lmmrdBqoB6.jpg Kiprah Harry Darsono 50 tahun berkarya (Foto : IG/@sirharrydarsono)

NAMA desainer Harry Darsono sudah tidak asing lagi di kalangan pencinta fashion Tanah Air. Harry Darsono merupakan desainer Indonesia yang bisa dibilang sudah sangat senior di kelasnya.

Kini perjalanan karirnya sudah memasuki tahun ke-50. Menjadi desainer ulung, jadi perjalanan panjang bagi Harry Darsono. Dikutip dari akun chanel Youtube Harry Darsono, dia mengalami kesulitan bicara sejak kecil yang membuatnya membiasakan diri berkomunikasi lewat gambar. Hal itu seperti yang diajarkan oleh sang nenek dan dengan bahasa isyarat yang dipelajarinya di Sekolah Tuna Wicara.

Harry Darsono

Selama 50 tahun berkarir, Harry Darsono bukan hanya aktif sebagai perancang mode tapi juga seniman, psikolog dan pendidik. Tak banyak seniman di Indonesia bahkan dunia yang mampu bertahan berkarier sepanjang 50 tahun lamanya.

Baca Juga : Impian Terbesar Harry Darsono di Dunia Fashion

Harry Darsono

Tak hanya skala dalam negeri, Harry juga merupakan salah satu desainer mode yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Bagaimana tidak? Selain di Jakarta, Yogyakarta dan Bali, hasil karya seni estetik dan high couture tangan dinginnya banyak disimpan dan terpajang di museum-museum internasional di Australia, Nothern Teritorry, Jepang, Inggris, dan Kanada.

Baca Juga : Harry Darsono Ingin Batik Disejajarkan dengan Chanel

Harry Darsono

Berkunjung ke museum pribadinya di Jakarta, Anda bisa melihat banyak hasil karya Harry Darsono. Mulai dari fashion seperti gaun-gaun adibusana, Batik, aksesori, perhiasan cincin dan mahkota hingga dekorasi interior.

Baca Juga : ADHD, Keluarga Dukung Penuh Harry Darsono

Harry Darsono

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati berbagai karya Harry sejak era 70’an yang sudah go internasional. Gaun-gaun high couture, busana dan gaun pengantin dengan sulaman emas murni yang pernah dipesan oleh wanita-wanita bangsawan mancanegara, sampai gaun khusus untuk Lady Diana yang dibuat pada 1980 serta gaun untuk Ratu Rania, Ratu Yordania.

Ditambah dengan sederet koleksi art to wear, kostum panggung kontemporer yang pernah ditampilkan untuk pergelaran karya-karya Shakespeare mulai dari Hamlet & Othello yang digelar di Inggris sampai Julius Caesar yang dihelat di Jakarta.

Harry Darsono

Di luar bidang fashion, mungkin tak banyak yang mengenal bahwa Harry Darsono juga perancang panggung dan trofi yang andal. Karyanya untuk desain grand stage sudah berskala internasional loh! Ia adalah otak di balik panggung megah perhelatan Festival Film Asia Pasifik, pagelaran International Dewan Emas Dunia, International High Couture, pagelaran drama musikal, hingga seni pertunjukkan.

Sementara untuk desain trofi, ia sudah dipercaya untuk merancang trophy pure of gold untuk banyak acara bergengsi skala internasional. Sebut saja mulai dari Asia Pasific Film Festival, International Fashion Awards, World Fold Competition, Art to Wear dan masih banyak lagi lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini