Cara Mudah Turunkan Kolesterol Jahat Rekomendasi Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 481 2454597 cara-mudah-turunkan-kolesterol-jahat-rekomendasi-dokter-cavlh15H43.jpg Ilustrasi (Foto : Pinkvilla)

KOLESTEROL jahat menjadi musuh banyak orang karena bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, misalnya saja penyakit jantung koroner hingga stroke.

Konsep apa yang Anda makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan benar terjadi di masalah kesehatan ini. Misalnya saja kebiasaan mengolah berulang minyak goreng atau konsumsi daging merah secara berlebihan, ini akan menyebabkan dislipidemia atau kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan atau penurunan fraksi lipid dalam plasma.

Kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh yang berlebihan menjadi salah satu indikatornya. Anda pun bisa mendeteksi tubuh bila kolesterol jahat sedang meningkat.

"Meski sebagian besar kolesterol meningkat itu tidak menunjukkan gejala, tapi pada beberapa kasus, LDL tinggi bisa membuat arkus senilis, xanthelasma pada kelopak mata (ada tanda putih sekitar mata), dan xanthoma tendon achiles pada siku atau lutut," papar Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Tri Juli Edi Tarigan, SpPD-KEMD, dalam webinar kesehatan, Kamis (12/8/2021).

Penyakit Jantung

Jika dibiarkan, masalah kesehatan ini akan menyebabkan beberapa komplikasi serius, seperti stroke, penyakit jantung koroner (PJK) dan penyakit pembuluh darah lainnya.

"Stroke dan PJK merupakan penyebab kematian utama di dunia yakni sekitar 17,3 juta dari 54 juta kematian setiap tahunnya," terang dr Tri Juli.

Baca Juga : Mengecek Gejala Kolesterol Tinggi lewat Tangan, Kulit dan Mata

Nah, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, dr Tri Juli biasanya merekomendasikan beberapa hal di bawah ini:

1. Perbanyak makan serat

2. Perbanyak makan sayur

3. Seimbangkan konsumsi buah

4. Kurangi penggunaan minyak yang sudah melalui proses pemanasan berulang

5. Lebih banyak konsumsi polyunsaturated fatty acid (PUFA)

6. Kurangi konsumsi daging merah dan margarin

7. Perbanyak makanan yang tidak diolah dan kurangi makanan berminyak

8. Jangan terlalu banyak gorengan maupun kuning telur

"Kadar kolesterol tidak boleh juga sampai kurang, karena tubuh kita masih tetap membutuhkan asupan lemak agar metabolisme berjalan normal, peredam dingin, dan manfaat lainnya. Tapi, tidak boleh juga berlebihan, harus ada di tengah-tengah idealnya," tambah dr Tri Juli.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini