Share

Menkes: Ada Orang Indonesia Mau Divaksin Covid-19 Lihat Tetangganya Dulu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 481 2454687 menkes-ada-orang-indonesia-mau-divaksin-covid-19-lihat-tetangganya-dulu-WvJS4mhRqG.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menceritakan fenomena yang terjadi di lapangan terkait vaksin covid-19. Ia mengungkapkan ada orang Indonesia mau mengikuti vaksinasi covid-19 setelah melihat tetangganya disuntik lebih dulu.

"Orang Indonesia banyak yang enggak mau disuntik. Enggak maunya kenapa? Banyak alasannya. Cuma ini kan negatif. Saya lihat, kenapa orang mau disuntik, jawabannya karena melihat tetangganya disuntik duluan," kata Menkes dalam webinar belum lama ini.

Baca juga: Menkes: Kado Terindah HUT Ke-76 RI adalah Gotong Royong Atasi Pandemi 

Tidak hanya melihat tetangganya, ada juga orang Indonesia baru mau disuntik kalau orang terdekatnya disuntik atau juga saudaranya sendiri disuntik. Hal ini membuatnya berpikiran bahwa memang orang Indonesia itu harus melihat dulu orang terdekatnya melakukan sesuatu yang akhirnya membuat dirinya mau ikutan mencobanya.

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

"Saya lihat sendiri, ada artis yang awalnya enggak mau disuntik, terus dia melihat teman-temannya sudah disuntik, mau dia disuntik akhirnya," terang Menkes memberikan contoh.

Baca juga: 130 Oxygen Concentrator Dibagikan ke IGD dan Ruang Isolasi Pasien Covid-19 

"Saya lihat di keluarga sendiri juga, tante saya, tadinya enggak mau suntik akibat termakan hoaks kebanyakan. Lihat yang disuntik, suntik juga dia (tante)," tambahnya.

Menkes menekankan sekali lagi bahwa menurut hematnya orang akan disuntik vaksin covid-19, penyebab terbesarnya jika orang di sekitarnya disuntik. "Oleh karena itu, ya sudah saya suntik saja semuanya," terang dia.

Di sisi lain, Menkes melihat sekarang antusiasme masyarakat untuk menerima vaksin covid-19 begitu banyak. Makin banyak orang berebut mendapatkan vaksinasi. Hal ini yang seharusnya dipertahankan.

"Kalau masih ada yang belum antusias menerima vaksin ya biarin saja dulu. Karena ketika ada orang di sekitar orang yang belum antusias ini divaksin, dia bakal ikutan juga untuk mau disuntik," ujarnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Menurun di Jawa-Bali, Menkes Ingatkan Tetap Waspada 

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini