5 Cara Mudah Mengetahui Diet Berhasil atau Tidak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 481 2454699 5-cara-mudah-mengetahui-diet-berhasil-atau-tidak-QgwQJXgyFd.jpg Ilustrasi menjalani program diet. (Foto: Schantalao/Freepik)

SEPERTI dikatakan banyak orang, rahasia terbaik menurunkan berat badan terletak pada makanan yang dikonsumsi dan program diet yang dijalani. Tidak hanya mengikuti pola diet dengan benar, menentukan keberhasilan program diet juga penting dilakukan.

Manfaat dan dampak dari diet yang baik tidak hanya dilihat melalui penurunan berat badan, tetapi juga peningkatan terkait skala non-penimbangan lainnya. Berikut lima cara mudah menentukan apakah diet Anda berhasil atau tidak, seperti dilansir laman Times of India, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Unik, Ilmuwan Ciptakan Alat Penurun Berat Badan dari Magnet 

1. Merasa kenyang dan puas setelah makan

Saat mengonsumsi makanan, usus akan memberi sinyal ke otak untuk mencapai rasa kenyang hanya ketika mengonsumsi makanan dengan kualitas tepat. Dengan diet apa pun, maka ada baiknya mempertimbangkan jenis makanan yang Anda makan, dan nutrisi atau kelompok makanan apa pun yang tidak dikonsumsi.

Dengan rencana nutrisi yang baik, kemungkinan besar Anda akan merasa kenyang lebih awal, dan tidak merasa perlu makan sembarangan, atau merasa kekurangan sesuatu. Memilih makanan segar, mengurangi makanan olahan, serta makan pada waktu yang dijadwalkan akan bermanfaat bagi kesehatan usus dan metabolisme tubuh.

Ilustrasi menu diet. (Foto: Shutterstock)

2. Memiliki lebih banyak energi dari biasanya

Terlepas dari olahraga teratur, satu hal yang menambah kekuatan adalah makanan yang dikonsumsi. Dengan diet yang baik membantu menurunkan berat badan, Anda akan dapat melihat perbedaan drastis dalam tingkat energi secara keseluruhan, suasana hati, dan merasa terisi lagi.

Peningkatan metabolisme dan energi tambahan juga akan membantu Anda tampil lebih baik saat berolahraga, membakar lemak, dan yang terpenting, mengurangi stres atau lesu. Oleh karena itu, periksa apakah diet yang Anda ikuti membuat tubuh lebih energik atau lesu dari biasanya dalam jangka panjang.

Baca juga: Ini Diet yang Tepat untuk Ibu Menyusui 

3. Cenderung tidur lebih nyenyak

Diet tertentu, termasuk puasa intermiten, cenderung jarang menyebabkan kekurangan nutrisi yang juga dapat mengganggu siklus tidur Anda. Oleh karena itu, memastikan tidur tidak terganggu adalah penanda yang baik untuk mengukur dampak diet yang baik terhadap penurunan berat badan.

Jika tidak tidur nyenyak, merasa lapar di sekitar waktu tidur, atau bahkan saat tidur, kemungkinan Anda akan makan di luar jadwal, mengganggu persamaan hormonal. Ketika Anda tidak tidur nyenyak, penelitian juga menunjukkan kemungkinan dapat menyebabkan penurunan berat badan.

4. Pakaian lebih pas dari sebelumnya

Selain perubahan yang sehat, diet yang baik juga akan mengurangi kadar lemak dan membuat pakaian Anda lebih pas dari sebelumnya. Dengan suasana hati yang membaik juga, Anda akan memiliki suasana hati dan harga diri yang lebih baik untuk mengejar tujuan Anda.

Baca juga: Menu Diet 5 Artis Terkenal Korea, Terbukti Bikin Tubuh Langsing 

5. Rasanya lebih seperti gaya hidup, bukan hanya sementara

Diet yang Anda pilih harus menjadi pilihan holistik, bukan hanya mode sementara yang dijalani. Kemungkinannya adalah jika Anda mengikuti diet yang tidak hanya mendorong penurunan berat badan tetapi juga menanamkan praktik dan perubahan pola makan yang baik.

Saat diet berhasil, Anda akan beralih ke gaya hidup yang lebih sehat, memilih produk yang lebih kaya nutrisi dan mengikuti aturan diet dengan rajin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini