Share

5 Cara Tetap Tangguh saat Jalani Kehidupan Usai Bercerai

Wilda Fajriah, Okezone · Kamis 12 Agustus 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 612 2454546 5-cara-tetap-tangguh-saat-jalani-kehidupan-usai-bercerai-4XeXIzTj1u.jpg Tetap tangguh usai bercerai (Foto: Lucknow)

SEJATINYA tak ada seorang pun yang ingin pernikahannya berakhir dengan bercerai. Sebab pernikahan bertujuan untuk menjalani hidup bersama selamanya hingga akhir hayat.

Namun sayangnya tidak semua pernikahan bisa seperti itu. Terkadang, ada beberapa ujian dalam hidup dan masalah rumah tangga lainnya yang menyebabkan pasangan bercerai. Dengan perceraian, datang banyak rasa sakit dan penderitaan.

Namun jangan biarkan Anda hancur akibat perceraian, tetaplah tangguh. Melansir Times of India, berikut 5 cara agar Anda tetap menjadi pribadi yang tangguh untuk melanjutkan hidup pasca bercerai.

 cerai

1. Butuh nyali besar untuk bercerai

Sama sekali tidak mudah untuk bercerai. Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk bercerai dari pernikahan yang buruk karena takut. Mereka takut tinggal sendiri, takut berubah, mengambil risiko, dll.

Menemukan keberanian untuk bercerai membutuhkan nyali yang besar! Oleh karena itu, ucapkan selamat pada diri sendiri Anda benar-benar bernyali besar dan hebat!

2. Jangan memendam emosi

Perceraian akan membawa Anda melalui perjalanan emosi yang naik turun. Selain emosi yang terkait dengan perubahan gaya hidup, perceraian dapat memunculkan kenangan lain tentang kehilangan, pengabaian, dan kesepian.

Biarkan diri Anda merasakan semua emosi ini. Biarkan air matamu mengalir. Lebih baik melepaskan perasaan ini daripada memendamnya karena perasaan itu bisa muncul kembali di kemudian hari dan menyebabkan lebih banyak kerusakan.

3. Beri diri Anda waktu untuk pulih

Jangan berpikir bahwa Anda akan mengatasi rasa sakit dalam beberapa hari. Rasa sakit pasca-perceraian akan menyerang Anda secara bertahap, dan pemulihan juga melibatkan beberapa langkah. Karena itu, Anda perlu memberi diri Anda waktu untuk berduka. Tetap kuat dan positif.

4. Bersikap baik kepada diri sendiri

Ya, Anda juga mungkin telah melakukan banyak kesalahan yang berujung pada perceraian. Tapi tidak ada gunanya menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi di masa lalu.

Berusahalah tetap tabah dan tangguh melalui perceraian. Lalu teruslah bersikap baik kepada diri sendiri. Sayangi diri Anda sendiri.

5. Belajarlah mencintai diri Anda sendiri

Gunakan perceraian untuk lebih fokus belajar mencintai diri Anda kembali. Lakukan semua yang Anda ingin lakukan, tetapi tidak pernah Anda lakukan saat Anda masih menikah.

Mungkin Anda suka traveling, pergi ke tempat-tempat eksotis, inilah saatnya. Belilah baju-baju yang Anda dambakan, senangkanlah diri Anda!

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini