Hari Remaja Internasional, Yuk Cegah Penyakit Tak Menular Anak Sejak Dini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 612 2454804 hari-remaja-internasional-yuk-cegah-penyakit-tak-menular-anak-sejak-dini-1nxHXWfMHc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERAN para remaja dalam pembangunan memang sangat diperlukan. Pasalnya, untuk mempromosikan perdamaian dan melawan ekstremisme memang perlu ditanamkan selagi masih muda.

Oleh karena itu, setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari Remaja Internasional atau International Youth Day. Hari Remaja Internasional diperingati sebuah wujud peran pemuda dalam kehidupan bermasyarakat.

Kaum muda dapat menjadi mitra penting dalam mewujudkan upaya global dalam berbagai permasalahan. Peringatan ini bermula dari rekomendasi hasil World Conference of Ministers Responsible for Youth pada 1998.

Anak remaja

Karenannya, untuk melindungi para remaja dan pemudia di Indonesia, pencegahan penyakit tidak menular (PTM) wajib dilakukan pada remaja atau anak muda penting dilakukan. PTM yang paling umum di kalangan remaja dan anak muda yaitu penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit pernapasan kronis.

Menurut World Health Organization Country Profile tahun 2018, PTM di Indonesia diperkirakan menyumbang 73% dari seluruh kematian, dengan penyakit kardiovaskular dan kanker menjadi penyebab utama kematian terkait PTM, masing-masing mencapai 35% dan 12%.

Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia Dini Widiastuti memaparkan, masa-masa remaja merupakan periode waktu yang paling penting untuk mencegah PTM. Hal ini bisa memaksimalkan kualitas hidup yang sehat di setiap tahapan kehidupan.

Fokus upaya pencegahan PTM di kalangan anak muda ini dilakukan selama 5 tahun ke depan," kata Dini.

Ya, berbagai upaya perlu dilakukan dalam mencegah PTM. Mulai dari tak merokok, tak konsumsi alkohol, rajin aktivitas fisik, mengurangi pola makan yang tidak sehat, dan cegah polusi udara.

Sementara itu, Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia Sewhan Chon mengatakan, kesehatan generasi muda harus dilindungi sejak dini. Hal ini perlu menjadi prioritas utama dalam mencegah PTM. "Kami senang edukasi ini berjalan baik dan bisa menjangkau semua generasi muda di Indonesia," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini