Yuk Bikin Kaya Toast ala Rumahan, Dijamin Rasanya Enak seperti Buatan Kafe

Antara, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 298 2455115 yuk-bikin-kaya-toast-ala-rumahan-dijamin-rasanya-enak-seperti-buatan-kafe-kAbAw5ultC.jpg Ilustrasi kaya toast atau roti kaya bakar. (Foto: Wholeyum)

KAYA toast atau roti kaya bakar adalah salah satu menu makanan favorit masyarakat dunia. Penganan ini banyak tersedia di kafe-kafe luar negeri.

Menyantap kaya toast memang bisa membuat Anda merasa sedang berada di kafe atau berlibur di negara tetangga, apalagi bila dilengkapi telur setengah matang dan secangkir kopi panas.

Baca juga: Sarapan Praktis Kaya Rasa, Resep French Toast Cokelat 

Tapi ternyata tidak sulit membuatnya sendiri di rumah. Jadi, Anda bisa menghibur diri yang belum bisa bepergian jauh dengan membawa sendiri suasana liburan ke kediaman.

Simak resep kaya toast ala rumahan yang bisa Anda coba membuat sendiri, seperti dikutip dari laman SBS berikut ini.

Ilustrasi kaya toast atau roti kaya bakar. (Foto: Pexels)

Bahan Selai Kaya 1 Liter:

- 10 butir telur

- 1 kg gula halus dan tambahan 50 gram

- 5 lembar daun pandan diikat dalam bentuk simpul

- 550 ml santan

- 20 gram unsalted butter

Baca juga: Resep Sarapan Roti Bakar Telur, Praktis dan Lezat! 

Cara Membuat:

1. Untuk membuat kaya, campur telur dan 1 kg gula, aduk searah hingga rata dalam panci tinggi. Didihkan air dalam panci besar, letakkan lap dapur di dalamnya, masukkan panci tinggi, aduk sampai gula mencair dan menyatu dalam adonan. Masukkan daun pandan dan santan kental, aduk selama 20-25 menit sampai mengental. Sisihkan.

2. Panaskan 50 gram gula halus sampai jadi karamel, aduk sesekali. Jangan terlalu gosong karena nanti rasanya akan pahit. Tambah butter ke dalam karamel, aduk. Campur ke dalam adonan kaya. Masukkan lagi panci isi kaya ke dalam panci besar dengan air panas, aduk selama lima menit atau hingga mengental.

Baca juga: Buat Pencinta Steak, Ini Pilihan Daging Empuk Selain Wagyu 

3. Dinginkan, sesekali aduk, lalu masukkan ke dalam toples dan simpan di dalam kulkas.

4. Untuk membuat kaya toast, panggang roti secara merata. Kemudian oleskan 1-2 sdm selai kaya, selipkan potongan tipis butter, lalu potong menjadi dua atau empat agar lebih mudah disantap.

Selamat mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini