Manfaat Bersepeda, Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 481 2455198 manfaat-bersepeda-olahraga-yang-baik-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental-laSD5A5kYH.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SEPERTI yang kita semua tahu manfaat bersepeda sangat besar bagi kesehatan. Aktivitas berdampak rendah bekerja pada otot jantung Anda dan melindungi Anda dari penyakit jantung yang parah seperti stroke, serangan jantung.

Ini juga bermanfaat dalam mengurangi risiko depresi, obesitas, dan beberapa jenis kanker. Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine, bersepeda dapat mengurangi gejala diabetes dan secara drastis menurunkan risiko kematian dini.

Untuk penelitian tersebut, peneliti Mathias Ried-Larsen, PhD, meneliti data kesehatan lebih dari 7.000 orang dewasa yang menderita diabetes, yang dikumpulkan dari studi European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition.

Bersepeda

Data tersebut berisi kuesioner tentang riwayat kesehatan, sosiodemografi, dan informasi gaya hidup yang diberikan di 10 negara Eropa Barat dari tahun 1992 hingga 2000. Usia semua peserta sekitar 56 tahun dan pada akhir penelitian sekitar 1.700 di antaranya telah meninggal.

Baca Juga : 6 Posisi Ideal Bersepeda, Cegah Tubuh Mudah Lelah dan Pegal-Pegal

Berdasarkan studi menyeluruh, tim peneliti menyimpulkan bahwa bersepeda secara teratur selama lebih dari lima tahun dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 35 persen dari semua penyebab.

Penelitian menyebutkan bahwa bersepeda dapat membantu memperpanjang umur, tetapi mereka tidak menyebutkan seberapa jauh atau berapa lama seseorang perlu bersepeda untuk memanfaatkan manfaat ini.

Baca Juga : Hari Bersepeda Sedunia, Berikut 5 Tips Turunkan Berat Badan dengan Sepedaan

Mereka mengklarifikasi bahwa tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami manfaat jangka panjang dari bersepeda. Seseorang hanya perlu konsisten dan menikmati perjalanan mereka daripada khawatir tentang waktunya.

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas aerobik. Saat mengendarai sepeda, jantung, pembuluh darah, dan paru-paru Anda semua berolahraga. Kebutuhan oksigen dalam tubuh meningkat dan suhu inti tubuh Anda meningkat.

Menurut Universitas Harvard, mengendarai sepeda dengan kecepatan sedang 12 hingga 13,9 mil per jam dapat membantu seseorang dengan berat 70 kilogram melepaskan 298 kalori dalam 30 menit. Ketika orang yang sama berjalan lebih cepat dengan kecepatan 14 hingga 15,9 mil per jam, ia dapat membakar sekitar 372 kalori dalam 30 menit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini